Zainullah, Si Pencipta Barang Elektronik Berbahan Dasar Bambu

BANDA ACEH – Pria paruh baya asal Kecamatan Bogor Barat, Jawa Barat, ini sudah menekuni berbagai produk inovatif berbahan dasar bambu sejak 2012. Kreativitas ini diasahnya secara otodidak sehingga menghasilkan teknologi yang unik. Namanya Zainullah. Dia merupakan salah satu peserta pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XVII dan Pekan Inovasi Perkembangan (PIN) Desa Nasional I Tahun 2015 yang berlangsung di Stadion Harapan Bangsa Lhoong Raya, Banda Aceh.

Ditemui oleh portalsatu.com di stand Bambootronic, Posyantek Pondok Kreatif Bogor Barat pada Jumat, 9 Oktober 2015, Zainullah mengaku mampu menyulap bambu menjadi barang-barang yang bernilai tinggi.

“Sebelum bambu dimasukkan teknologi, kan murah. Jadi ketika sudah diberi inovasi dengan teknologi menjadi berharga,” ujar Zainullah.

Zainullah berinisiatif membuat barang-barang tersebut lantaran potensi bambu di daerahnya berlimpah. “Di daerah saya banyak bambu, tetapi pemanfaatannya belum maksimal karena belum ada teknologi yang menyentuh bambu,” ujarnya.

Banyak teknologi bambu yang diciptakan oleh Zainullah. Di antaranya seperti jam gravitasi, lampion, lampu tidur, lampu belajar, jam dinding, tape yang bisa memasukkan hardisk dan USB, loudspeaker tape, dan loudspeaker gadget untuk laptop. Benda-benda tersebut merupakan karya cipta Zainullah termasuk desainnya.

Zainullah juga mampu membuat bambu menjadi sebilah papan. Selain itu, Zainullah juga yang menciptakan teknologi alat-alat untuk menciptakan papan bambu tersebut termasuk alat pres.

“Ini merupakan karunia yang diberikan Allah SWT untuk saya. Sudah banyak yang saya hasilkan, seperti jam yang harganya Rp100 ribu ini saja orang pesannya ratusan,” kata Zainullah sembari memperlihatkan karyanya.

Dia mengatakan barang hasil buatan tangannya tersebut dibanderol bervariasi, dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Dia mencontohkan seperti tape bambu yang dibanderol senilai Rp500 ribu. Selain itu ada juga jam bambu yang menggunakan media listrik sebagai tenaga dijual senilai Rp 2,5 juta dan jam gravitasi bumi yang bernilai jutaan rupiah.

Salah satu konsumen yang tertarik dengan jam gravitasi bumi berbahan bambu karya Zainullah adalah Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Dia memesan jam tersebut saat mengunjungi stand Bambootronic Posyantek Pondok Kreatif Bogor Barat kemarin, Kamis, 8 Oktober 2015.[](bna)