Home News UNHCR: Belum Ada Negara Khusus Tampung Rohingya

UNHCR: Belum Ada Negara Khusus Tampung Rohingya

94
0

LHOKSEUMAWE – Senior Protection Officer United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR), Jeffrey Savege, mengatakan hingga kini pihaknya terus berupaya mencari negara ketiga untuk para pengungsi Rohingya yang masih berada di Aceh.

“Saat ini belum ada negara khusus yang kita jajaki terkait resettlement baru kepada pengungsi Rohingya. Kita tetap akan terus mengupayakan hal ini secepat mungkin mengingat Pemerintah Indonesia telah memberikan kebijakan bahwa pengungsi tersebut hanya bisa tinggal di sini selama satu tahun,” kata Jeffrey Savage kepada wartawan di Shelter Blang Adoe, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, Rabu, 7 Oktober 2015.

Dia mengatakan sebelumnya sudah banyak negara-negara yang sempat mereka kunjungi untuk membahas masalah tersebut, Namun pihak ketiga   melihat masalah ini sangat komplet.

“Untuk itu, terkait penempatan pengungsi Rohingya tidak bisa kita ambil keputusan sekarang kemana mereka akan tinggal. Kita tetap akan melindungi mereka hingga mendapatkan negara ketiga, sebab setiap individu harus kita perlakukan dengan adil, dan pastinya perlakuan sebaik mungkin akan diberikan kepada seluruh pengungsi Rohingya di Aceh,” kata Jeffrey.[](bna)