Home News UN Aceh Berpotensi Diulang, Kadis Pendidikan: Mendikbud Arif dan Bijaksana

UN Aceh Berpotensi Diulang, Kadis Pendidikan: Mendikbud Arif dan Bijaksana

28
0

BANDA ACEH – Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Hasanuddin Darjo, mengatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, sangat arif dan bijaksana dalam mengambil sikap terkait isu kebocoran soal UN SMA sederajat di Aceh.

“Saya kira pak menteri itu arif dan bijaksana. Tak mungkin UN di Aceh diulang,” kata Hasanuddin Darjo melalui sambungan telepon kepada portalsatu.com, Minggu 19 April 2015.

Menurutnya, Kementerian Pendidikan belum memanggil Dinas Pendidikan Aceh terkait kebocoran soal UN.

“Saya pikir kementerian pasti ada kroscek terlebih dahulu terkait hal ini. Dan hasil pantauan, siswa di Aceh juga tidak memanfaatkan soal UN yang diunggah di Google Drive itu,” ujar Hasanuddin Darjo.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengumumkan bahwa soal Ujian Nasional (UN) 2015 yang diunggah ke Google Drive adalah paket UN IPA SMA yang diperuntukkan untuk Aceh dan Yogyakarta.

Hal itu dapat mudah diketahui karena adanya barcode di bagian pojok kanan. Barcode tersebut menunjukkan provinsi dan kode soal. Kemudian, di pojok bawah kiri terdapat kode U-N-2014/2015 yang merupakan kode soal untuk daerah Nangroe Aceh Darussalam.

“Dari kode yang tertera pada lembar soal yang diunggah, kami telah dapat mengidentifikasi buklet soal tersebut adalah set soal SMA program IPA untuk daerah Aceh, di mana set buklet untuk Aceh identik dengan Yogyakarta,” kata Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kemendikbud Nizam, seperti dikutip CNN Indonesia, di gedung Kemendikbud, Jakarta Selatan, Jumat 17 April. [] (mal)