Home News Tragedi Kapal Karam, Wakil PM Malaysia; Jangan Hanya Berpikir Uang Ringgit

Tragedi Kapal Karam, Wakil PM Malaysia; Jangan Hanya Berpikir Uang Ringgit

75
0

KUALA LUMPUR – Pihak otoritas Malaysia untuk sementara akan menahan 19 WNI yang selamat dari kapal karam selama 14 hari mendatang untuk penyelidikan lebih lanjut. Mereka ditahan di kantor operasi Badan Penegakan Maritim Malaysia (APMM).

Sebagaimana diberitakan media lokal Malaysia, Harian Metro, Jumat, 4 September 2015, perintahan penahanan tersebut dikeluarkan oleh pejabat terkait Masjitret Shah Pahlawan Abdul Halim.

Ke-19 WNI tersebut terdiri dari 18 pria dan satu wanita, mereka akan diperiksa terkait Pasal 5 (2) Akta Imigrasi 1959/63 karena masuk dan keluar dari Malaysia secara ilegal. Selain itu penyelidikan juga akan dilakukan terkait Pasal 26J UU Anti Perdagangan Orang dan Anti Penyelundupan Migram 2007.

“Semua yang ditahan kini ditempatkan di kantor operasi APMM Daerah Maritim Klang untuk penyelidikan lebih lanjut,” kata Abdul Halim seperti dilansir Harian Metro.

Wakil Perdana Menteri Malaysia, Ahmad Zahid Hamidi, turut memberikan komentarnya atas kejadian ini. Ia mengatakan pihak-pihak yang telah ‘mengorbankan’ Pekerja Asing dan Imigran Ilegal (PATI) sehingga menjadi korban kapal karam tersebut harus mendapatkan tindakan keras.

Seperti diberitakan harian Bernama, penindakan itu diambil terkait undang-undang antiperdagangan manusia dan penyelundupan imigran (Atipsom) yang memberikan hukuman berat.

“Saya harap mereka tahu bahwa Atipsom diberlakukan beberapa waktu yang lalu. Pihak APMM (Badan Penegakan Maritim Malaysia) dan PDRM (Polis Diraja Malaysia akan melakukan penyelidikan untuk memperoleh informasi berkenaan dan saya ingin memberitahu mereka yang telah ‘memangsakan’ PATI ini bahwa tindakan undang- undang di bawah Atipsom adalah berat, ” katanya, Jumat, 4 September 2015.

Pernyataan itu disampaikan dalam konferensi pers setelah meninjau operasi pencarian dan penyelamatan korban kapal karam di Dermaga Hutan Melintang hari ini.

Ahmad Zahid juga meminta berbagai pihak agar menghentikan kegiatan penyelundupan PATI ke negara itu tanpa memikirkan aspek keamanan.

“Jangan hanya berpikir uang ringgit, pikir nyawa manusia … saya minta mereka hentikan semua perencanaan mereka ini,” katanya.[]

Foto: Wakil PM Malaysia Ahmad Zahid Hamidi @thestar.com.my