Home News Tidak Ada Takbir Keliling Sambut Idul Fitri di Aceh Tengah

Tidak Ada Takbir Keliling Sambut Idul Fitri di Aceh Tengah

56
0

TAKENGON – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah meniadakan takbir keliling untuk menyambut hari raya Idul Fitri 1436 Hijriah. Kepastian tersebut disampaikan dalam surat yang ditandatangani Wakil Bupati Aceh Tengah, Drs. H. Khairul Asmara yang ditujukan kepada seluruh Camat di lingkup Pemkab Aceh Tengah.

“Peniadaan takbir keliling ini merupakan upaya untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan masyarakat. Surat tersebut sebelumnya didasari kesepakatan berbagai pihak dalam rapat PHBI Aceh Tengah pada 29 Juni 2015 lalu,” ujar Wabup Aceh Tengah Khairul Asmara, seperti siaran pers yang dikirim Humas Pemkab Aceh Tengah kepada portalsatu.com, Rabu, 15 Juli 2015.

Khairul Asmara mengatakan walaupun tidak ada takbir keliling, pelaksanaan takbir tetap dilakukan di rumah ibadah.

“Seperti tahun kemarin, tidak ada takbir keliling tahun ini. Namun sebagai wujud syiar Islam takbir tetap dilakukan di masjid-masjid, mushala maupun surau-surau,” kata Khairul.

Khairul mengatakan jika warga bersikeras melaksanakan takbir keliling, dia menyarankan untuk melaksanakannya di seputaran kampung masing-masing dengan berjalan kaki seperti yang pernah dilakukan di masa lalu.

“Kami tegaskan camat dan jajaran Pemerintah Kampung untuk saling berkoordinasi dengan Muspika masing-masing dan meneruskan informasi kepada masyarakat,” kata Khairul.[](bna)