Home News Terkait Tragedi Mina, Demonstran Iran: Matilah Dinasti Saudi

Terkait Tragedi Mina, Demonstran Iran: Matilah Dinasti Saudi

47
0

TEHERAN – Pemerintah Iran terang-terangan menyalahkan pemerintah Arab Saudi atas terjadinya tragedi Mina. Bahkan para pejabat Iran mencetuskan, Saudi tidak mampu menyelenggarakan event haji.

Untuk memprotes tragedi yang menewaskan lebih dari 700 orang itu, ratusan demonstran menggelar aksi unjuk rasa di Teheran, ibukota Iran. Massa meneriakkan “Matilah dinasti Saudi”. Demikian seperti dilansir kantor berita Reuters, Sabtu (26/9/2015).

Stasiun televisi pemerintah Iran menyatakan, para demonstran tersebut mengungkapkan kemarahan mereka atas “ketidakmampuan dan ketidakcakapan Saudi untuk menyelenggarakan haji”.

Sebelumnya, Presiden Iran Hassan Rouhani yang menghadiri sidang Majelis Umum PBB di New York, juga menyalahkan Saudi atas tragedi Mina.

“Saya minta pemerintah Arab Saudi bertanggung jawab atas bencana ini dan memenuhi kewajiban legal dan Islaminya terkait hal ini,” ujar Rouhani menirukan pernyataan pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei yang juga menyalahkan pemerintah Saudi.

Wakil Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian juga menyebut bahwa kelalaian Saudi tak bisa dimaafkan. Dia pun mengumumkan dibentuknya komite untuk menyelidiki insiden tragis tersebut.

“Dunia tak akan menerima alasan-alasan seperti cuaca panas atau para jemaah tidak bisa diatur,” cetus salah seorang ulama Iran, Mohammed Emami-Kashani.

Atas tragedi Mina, pemerintah Saudi menyalahkan para jemaah haji yang tidak disiplin dan tidak mengikuti instruksi, sehingga terjadi penumpukan massa yang mengakibatkan aksi saling dorong dan berdesak-desakan.[] sumber: detik.com