Survei: Menteri Susi Paling Memuaskan, Menteri Puan…

Jakarta – Masyarakat ditengarai masih banyak yang belum mengetahui kinerja menteri kabinet Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden Jusuf Kalla. Hal ini tercermin dari hasil survei lembaga Indo Barometer mengenai keberhasilan dan kegagalan setahun pemerintahan Jokowi-JK. Dalam survei disebutkan sebanyak 16,2 persen responden menjawab tidak tahu atau tidak menjawab. Adapun hasil survei menunjukkan secara garis besar kinerja menteri kabinet Jokowi-JK belum memuaskan.

“Responden yang menjawab tidak puas sebesar 3,9 persen, kurang puas 42,8 persen, cukup puas 36,3 persen, dan paling rendah sangat puas 0,8 persen,” kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari dalam presentasinya di Century Hotel Park, Jakarta, Kamis, 8 Oktober 2015.

Responden paling banyak menjawab tidak tahu untuk Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan dengan persentase 64,5 persen, selanjutnya disusul Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi 63,7 persen, dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara 63,6 persen.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti merupakan menteri yang patut diapresiasi dengan persentase kepuasan sebesar 71,9 persen dan kurang puas atau tidak puas sama sekali sebesar 7,5 persen. Sebagian besar masyarakat juga mengetahui sepak terjang Menteri Kelautan dan Perikanan. Hal ini dilihat dengan persentase ketidaktahuan yang terendah, yaitu sebesar 20,7 persen.

Menurut pengamat ekonomi, Ichsanuddin Noorsy, mengatakan bahwa nilai kepuasan merupakan salah satu indikator kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-JK. Hal yang patut disayangkan adalah masih banyaknya masyarakat yang kurang puas dengan kinerja menteri.

Dari hasil survei, publik paling tidak puas terhadap Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, yaitu sebesar 34,6 persen. Sebanyak 29,4 persen menyatakan cukup puas atau sangat puas, sementara 36 persen menjawab tidak tahu.

Meskipun demikian menteri yang memiliki persentase kepuasan publik terendah adalah Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution sebesar 15 persen. Ketidakpuasan pada Darmin persentasenya sebesar 32 persen dan yang menjawab tidak tahu 53 persen.

Survei ini dilakukan Indo Barometer dan dilaksanakan di 34 provinsi pada tanggal 14–22 September 2015. Survei ini mengumpulkan informasi dari 1.200 orang responden dengan margin error sebesar 3,0 persen. Adapun kategori responden dibagi ke dalam jenis kelamin, wilayah desa atau kota, suku bangsa, dan provinsi.

Responden dipilih dengan metode multistage random sampling untuk menghasilkan responden yang mewakili seluruh populasi publik dewasa Indonesia yaitu yang berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. | sumber: tempo.co

Leave a Reply