Home News Sungai Meluap, Tiga Kecamatan di Aceh Utara Dilanda Banjir

Sungai Meluap, Tiga Kecamatan di Aceh Utara Dilanda Banjir

61
0

LHOKSUKON – Puluhan desa di tiga kecamatan dalam Kabupaten Aceh Utara dilanda banjir, Senin, 28 September 2015 sekitar pukul 05.30 WIB. Banjir terjadi karena hujan deras semalam yang mengakibatkan beberapa sungai meluap.

Pantauan portalsatu.com, banjir di Kecamatan Pirak Timu meliputi beberapa desa. Di antaranya, Desa Panye, Alue Bungkoh, Rayeuk Pange, Matang Keh, Pirak, Geulumpang, Krueng Kreh, Trieng, Meunje Tujoh, Reungkam, Meunasah Bungong dan Keutapang.

Di Kecamatan Matangkuli meliputi Desa Hagu, Alue Thoe, Keude Ceubrek, Lawang, Siren, Tanjong Babah Krueng, Meuria, Tanjong Tgk Ali, Mea, Teumpok Barat, Alue Entok, Tanjong Tgk Kari, Teungoh, Seulemak, Meunasah Blang, Meunasah Jok dan sebagian Keude Matangkuli.

Di Kecamatan Lhoksukon meliputi KM IV, KM V, KM VI, KM VII, Desa Dayah dan Desa Beringen. Banjir juga merendam badan jalan KM IV hingga KM VII yang merupakan jalur lintas menuju Kecamatan Cot Girek.

Banjir tidak hanya merendam pemukiman warga, tapi juga areal persawahan dan beberapa titik badan jalan. Sejumlah instansi dan kantor pemerintahan juga mulai terendam di Kecamatan Matangkuli, seperti Puskesmas setempat. Demikian juga halaman Kantor UPTD Matangkuli, serta halaman beberapa sekolah.

Abu Ali, 55 tahun, warga Desa Matang Keh yang sedang melintasi lokasi banjir di jembatan Pange mengatakan, air mulai masuk ke pemukiman warga sejak pukul 06.10 WIB tadi.

“Di Kecamatan Pirak Timu, kondisi terparah terjadi di Desa Alue Bungkoh dengan ketinggian air antara paha hingga di atas pinggang orang dewasa. Kemudian disusul Desa Pange, Meunje Tujoh dan Matang Keh. Banyak rumah warga yang terendam di sana,” ujarnya.

Menurut Abu Ali, sejauh ini ketinggian air bervariasi dan diperkirakan air akan terus bertambah. Namun, sejauh ini masyarakat masih bertahan di rumah masing–masing dan mengevakuasi barang-barang ke tempat yang lebih tinggi.

“Arus banjirnya cukup deras dan naik dengan cepat. Kemungkinan akan terus bertambah, apalagi jika sampai hujan di gunung. Ini saja sudah mendung lagi,” ujarnya.[] (idg)

Foto: Salah seorang ibu membawa anak-anaknya saat melintasi banjir di Desa Pange, Kecamatan Pirak Timu, Aceh Utara. @Zulkifli Anwar/portalsatu.com