Sulaiman Abda: Pikiran Panglima Luar Biasa

BANDA ACEH – Wakil DPR Aceh, Sulaiman Abda, mengaku kagum kepada Panglima TNI. Menurutnya, apa yang disampaikan oleh Jenderal Gatot Nurmantyo tentang Proxy War sangat penting untuk dipahami dan dicermati oleh semua.

“Paparan Jenderal sangat lengkap, membuka mata dan pikiran. Untuk itu, semua kita mesti berbenah,” kata Sulaiman Abda kepada portalsatu.com, Jumat, 18 September 2015.

Salah satu paparan Panglima TNI yang sangat diingat Sulaiman Abda adalah krisis dunia yang disebabkan masalah energi. Jika cadangan minyak yang hanya bertahan 45 tahun lagi itu habis, maka Indonesia sebagai negara ekuator yang subur akan menjadi incaran.

Saat ini, menurut Panglima TNI, masyarakat Indonesia harus berhati-hati dengan proxy war, yaitu perang dengan menggunakan pihak ketiga sebagai musuh. Dalam proxy war, menurut Panglima, akan sulit mengira lawan dan kawan.

Hal lain yang diingat oleh Bang Leman adalah soal incaran asing atas sumber daya alam Indonesia karena krisis energi di negeri mereka. Persoalan perut, menurut Panglima sulit untuk dikendalikan.

Untuk itu, Sulaiman Abda setuju dengan Panglima TNI yang mengajak kita semua untuk menghemat energi dan menjaga kesuburan alam Indonesia.

Menurut Bang Leman, ajakan lain dari Panglima TNI agar menjaga anak-anak muda dari serangan narkoba patut disahuti. “Hampir setiap kesempatan saya selalu mengingatkan soal narkoba ini. Jadi, sama dengan anjuran Panglima TNI. Jadi, paparan Panglima TNI hari ini sangat luar biasa penting,” ujar Sulaiman Abda.

Bersama Wagub Aceh, Muzakir Manaf dan Rektor Unsyiah, Samsul Rizal, Sulaiman Abda hari ini menjemput Panglima TNI untuk kegiatan kuliah umum di Unsyiah. Sulaiman Abda juga berkesempatan mengantar Panglima TNI yang kembali hari ini juga. Tepat pukul 14.15 WIB Panglima TNI meninggalkan Aceh kembali ke Jakarta. [](bna)

Leave a Reply