Home News Soal Jumlah Korban Mina, Panitia: Jangan Percaya Sumber Sesat

Soal Jumlah Korban Mina, Panitia: Jangan Percaya Sumber Sesat

48
0

MEKKAH – Seorang jemaah asal Indonesia menjadi korban kejadian di Jalan 204, Mina, Arab Saudi, Kamis (24/09). Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi sedang melakukan identifikasi terhadap korban.

“Kami sampaikan ada seorang korban yang sedang kami identifikasi. Kami akan informasikan nama dan kloternya kalau sudah teridentifikasi,” kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah PPIH Arab Saudi Arsyad Hidayat, Kamis (24/09)

Arsyad mengatakan PPIH sudah menurunkan tim ke rumah sakit dan lokasi kejadian. Peristiwa terjadi di Jalan 204 sekitar pukul 07.30 waktu Arab Saudi. Kala itu,  jemaah hendak melontar jumrah.

Dalam perjalanan, ada rombongan jamaah yang terhenti sehingga membuat jemaah yang berada di belakang mendorong ke depan. ‎”Akibatnya, banyak perempuan dan orang tua yang menjadi korban,” ujar Arsyad.

Hingga siang ini, jumlah korban mencapai 310 orang meninggal dan 450 mengalami luka-luka. “Semua korban dibawa ke RS Mina Al Jasir,” ujar Arsyad.

Selain itu, Kepala Daker Makkah Arsyad Hidayat juga memastikan bahwa informasi yang berkembang melalui pesan berantai yang menyebutkan angka korban mencapai 32 orang berikut daftar namanya adalah tidak benar (hoax). Arsyad minta informasi terkait pemberitaan tersebut segera ditarik dan tidak disebarluaskan.

Ada juga informasi yang menyebutkan korban sampai mencapai angka 39 orang. Itupun dipastikan Arsyad sebagai informasi yang tidak benar dan menyesatkan. Mohon kerjasama seluruh media untuk tidak memberitakan hal tersebut.  Update  informasi terkait Peristiwa Mina, silahkan komunikasikan dengan Media Center Haji. [] sumber: kemenag