Home News Soal Insiden Mina, Ini Kata Presiden Erdogan

Soal Insiden Mina, Ini Kata Presiden Erdogan

60
0
Turkey's Prime Minister Tayyip Erdogan addresses members of parliament from his ruling AK Party (AKP) during a meeting at the Turkish parliament in Ankara June 11, 2013. Erdogan called on protesters to withdraw from central Istanbul's Gezi Park on Tuesday and said the anti-government demonstrations were part of a deliberate attempt to damage Turkey's image and economy. REUTERS/Umit Bektas (TURKEY - Tags: POLITICS CIVIL UNREST)

ISTANBUL – Berbagai kritikan yang ditujukan kepada pemerintah Arab Saudi terkait tragedi Mina, membuat Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan angkat bicara. Pemimpin Turki itu membela pemerintah Saudi.

“Saya tidak bersimpati dengan pernyataan-pernyataan keras terhadap Arab Saudi,” cetus Erdogan kepada para wartawan seperti dilansir media Arab News, Sabtu, 26 September 2015.

Menurut Erdogan, adalah hal yang keliru untuk menyalahkan Arab Saudi yang telah melakukan yang terbaik untuk memungkinkan event haji terlaksana.

“Anda harus melihat gelas itu separuh penuh,” tutur Erdogan.

Sebelumnya, seorang pemimpin dari partai berkuasa Turki mengatakan, pemerintah Turki akan bisa mengadakan Haji dengan lebih baik jika diberi kesempatan.

“Jika Turki dipercayakan menyelenggarakan Haji, kami akan memastikan bahwa tak seorang pun mengalami bahaya apapun,” tutur Mehmet Ali Sahin, wakil presiden partai berkuasa Turki, Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP).

Lebih dari 700 jemaah haji meninggal dalam tragedi Mina yang terjadi pada Kamis, 24 September. Pemerintah Iran mengkritik keras pemerintah Saudi atas tragedi yang juga menyebabkan lebih dari 800 orang terluka. Iran bahkan menuntut Saudi bertanggung jawab penuh atas lemahnya langkah-langkah keamanan yang menyebabkan tragedi Mina.[] sumber: detik.com