Soal Dana Desa, 18 Gampong di Peukan Bada Sudah Cair

JANTHO- Penyaluran dana desa di Gampong Lam Manyang, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar tahap pertama sudah cair sejak September lalu, Jumat,  9 Oktober 2015. Di Kecamatan Peukan Bada terdiri dari 26 gampong, dana yang telah cair 18 gampong.

“Artinya tahap pertama yang 40 persen sudah cair semua dan ke 18 desa ini dananya sudah diambil. Sekarang sedang pembuatan laporan tahap pertama untuk pengurusan tahap kedua melalui kantor camat yang akan ditujukan ke pusat,” kata Afrizal, Geuchik Gampong Lam Manyang sekaligus ketua Forum Geuchik Peukan Bada saat dihubungi melalui sambungan telepon oleh portalsatu.com pagi tadi.

Afrizal menyampaikan, Alokasi Dana Desa (ADD) semuanya terdiri dari tiga tahap, tahap pertama dan kedua 40 persen, dan tahap ketiga 20 persen. Sementara anggaran yang diplotkan untuk Gampong Lam Manyang secara keseluruhan berjumlah Rp. 251 juta.

“Dana yang cair kemarin sudah selesai semua pengerjaannya. Kemarin kami pergunakan untuk rehap kantor geuchik dan rehap atau perbaikan sarana olahraga,” katanya.

Afrizal mengakui tahap pertama sudah tuntas pekerjaannya, dana tahap pertama untuk gampong setempat senilai Rp 95 juta.

Sejauh ini, kata dia, tidak ada kendala apa-apa. Namun kedepan agar penyaluran dana tidak lambat karena hal yang harus dikejar oleh pihak desa secara bertahap.

“Harapan saya supaya transfer dana dari pusat tidak lambat, jangan seperti kemarin September baru cair, karena kita mengejar target dan yang kita kejar fisik, jadi tidak siap dalam sehari dua hari. Pada proses administrasi saja hilang waktu sudah satu Minggu,” katanya.

Afrizal berharap, agar ADD ini jangan selalu akhir tahun, karena proses di gampong untuk menyampaikan ke masyarakat melalui rapat, laporan dan tidak bisa terkejar dalam waktu dekat kecuali pengadaan.

“Kalau untuk fisik tida bisa dikerjakan dalam waktu singkat dan harus selesai tahun 2015 ini. Minimal awal tahun sudah transfer dan membuat Surat Pertanggung Jawaban,” ujarnya. [] (mal)