Home News Sekjen PBB Kritik Keadaan Muslim di Myanmar

Sekjen PBB Kritik Keadaan Muslim di Myanmar

97
0

Jakarta -Sekjen PBB, Ban Ki-moon, mengatakan dirinya terkejut oleh kondisi yang dialami minoritas Muslim di Myanmar yang mayoritasnya penduduknya beragama Buddha.

Dalam pidato di New York yang juga dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Myanmar, U Wunna Maung Lwin, sekjen PBB tersebut mengkritik pemerintah negara itu karena turut berperan menyulut sentimen anti-Muslim.

“Di Rakhine, saya terkejut oleh kondisi kemanusiaan yang dialami komunitas Rohingya dan Kaman,” kata Ban Ki-moon di New York, pada Selasa (29/09).

“Saya kecewa pihak berwenang sejauh ini belum mempunyai kemauan politik untuk mengambil tindakan tegas mengenai masalah kewarganegaraan,” katanya.

“Sangat mengganggu menyaksikan peningkatan sentimen patriotisme berlebihan di kalangan masyarakat mayoritas dan sentimen anti-Muslim yang vokal di Myanmar dan juga sikap bermusuhan terhadap organisasi-organisasi internasional, termasuk PBB.”

Kekerasan komunal meningkat di Myanmar selama beberapa tahun terakhir, dan banyak warga dari etnik Rohingya yang beragama Islam sekarang tinggal di kamp-kamp penampungan.

Sebagian lainnya melarikan diri ke luar negeri, termasuk Indonesia dan Malaysia. | sumber: detik.com