Satu Jamaah Haji Asal Aceh Meninggal Dunia

BANDA ACEH – Abdul Rani Bakar Ahmad bin Abu Bakar, salah satu jamaah haji asal Aceh dikabarkan meninggal dunia akibat menderita lambung dan dehidrasi, Selasa, 6 Oktober 2015. Almarhum dimakamkan di Ma’la, Arab Saudi.

Berdasarkan informasi yang diterima portalsatu.com dari embarkasi Haji Banda Aceh diketahui, Abdul Rani Bakar Ahmad bin Abu Bakar merupakan warga Desa Beuladeh Lamnga, Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar. Sementara nomor paspor Abdul Rani adalah B1179186.

Almarhum meninggal di usia 87 tahun. Dalam data tersebut, pihak embarkasi Banda Aceh tidak menyebutkan lokasi korban meninggal dunia.

Masih berdasarkan data tersebut, setidaknya ada 12 warga Aceh yang meninggal dunia selama menjalani ibadah haji di Tanah Suci. Semua jamaah haji yang meninggal berusia lanjut.

Sebelumnya diberitakan, pimpinan majelis zikir Gampong Pusong Lama, Kecamatan Lhokseumawe, Abi Razali, dikabarkan meninggal dunia di Mekkah. Informasi tersebut diperoleh warga Selasa, 6 Oktober 2015, sekitar pukul 17.30 WIB.

“Menurut informasi yang saya dengar, benar Abi Razali meninggal dunia di Mekkah tadi sore,” kata Sekdes Gampong Pusong Lama, Yusmadi, saat dikonfirmasi oleh portalsatu.com.

Dia mengatakan Abi Razali juga merupakan salah satu teungku di Gampong Pusong Lama. “Beliau bukan ulama kharismatik Aceh, tetapi banyak masyarakat yang datang ke balai pengajian dan hari Minggu juga ada majelis zikir,” katanya.

Yusmadi mengatakan Abi Razali terkenal karena memimpin pengajian dan zikir. “Abi juga merupakan pimpinan manasik haji wilayah Aceh Utara,” katanya.

Informasi meninggalnya Abi Razali mulai ramai diperbincangkan netizen di Aceh. Namun berdasarkan informasi dari embarkasi haji Banda Aceh, nama Abi Razali tidak tercantum dalam daftar jamaah haji yang meninggal di Mekkah.[] (bna)

Leave a Reply