Home News Satpol PP Tertibkan Puluhan Pedagang Kakilima

Satpol PP Tertibkan Puluhan Pedagang Kakilima

37
0

LHOKSEUMAWE- Petugas Satpol PP Kota Lhokseumawe menertibkan sejumlah bangunan milik pedagang kakilima yang menggelar dagangannya di atas badan jalan, Senin malam, 28 September 2015.

Penertiban tersebut dilakukan karena lokasi yang ditempati bukan untuk kegiatan jual beli dan dapat mengganggu kelancaran lalulintas.

Amatan portalsatu.com, kegiatan penertiban yang dilakukan oleh petugas Satpol PP yang dibantu oleh unsur Muspika Kecamatan Banda Sakti dipimpin langsung oleh Asisten I Setdako Lhokseumawe T. Mochtar Mohd. Said, didampingi Kepala Dinas Perindustrian Perdangangan dan Koperasi, Halimuddin.

Dalam penertiban tersebut tidak sampai terjadi tindakan anarkis dari pihak pedagang. Sebab sebelumnya, para pedagang yang berjualan di atas badan jalan dimaksud, sudah diingatkan untuk segera pindah.

Terlihat juga para petugas menertibkan pedagang yang ada di Jalan Pase, Jalan Sukaramai, Jalan Perdagangan, hingga ke Lapangan Irak.

Kepala Dinas Perindustrian Perdangangan dan Koperasi, Halimuddin, kepada Portalsatu.com  mengatakan, sebelumnya pihaknya sudah menyurati  pedagang yang berjualan di atas badan jalan untuk segera pindah ke lokasi pasar yang sudah disiapkan, seperti ke atas bangunan pasar sayur, pasar buah  dan lokasi lain di sekitar itu.

Namun, katanya, pedagang masih saja melakukan aktivitas jual beli di atas badan jalan. Sedangkan lokasi pasar sudah disiapkan dan menunggu untuk ditempati.

“Tujuan dilakukannya penertiban dimaksud adalah, selain dikarenakan untuk ketertiban umum bagi masyarakat, juga sebagai upaya mengembalikan fungsi masing-masing fasilitas publik sebagaimana mestinya,” katanya.

Dalam penertiban itu, sejumlah bangunan pedagang kakilima kembali diingatkan agar tidak berrjualan pada tempat yang telah dilarang.

“Namun jika dalam dua hari kedepan mereka masih berjualan di tempat tersebut, maka pemerintah melalui Satpol PP akan menidak tegas para pedagang,” katanya lagi. [] (mal)