Home News Sabang Potong 69 Ekor Sapi dan 17 Kambing Untuk Kurban

Sabang Potong 69 Ekor Sapi dan 17 Kambing Untuk Kurban

59
0

SABANG – Kota wisata Sabang hari ini menyembelih hewan qurban sebanyak 69 ekor sapi dan 17 ekor kambing. Data ini merupakan keseluruhan penyelenggaraan kurban di Sabang yang diterima oleh Panitia Hari Besar Islam daerah setempat, Kamis, 24 September 2015.

Sementara kurban yang khusus dilaksanakan oleh PHBI di Lapangan Yos Sudarso Lanal Sabang tercatat sebanyak 15 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Daging ini nantinya akan dibagikan kepada penerima kurban kawasan kota, juga akan disubsidi ke desa yang tidak menyelenggarakan kurban pada 2015 ini.

“Alhamdulillah ada sekitar 69 yang terdaftar di PHBI untuk kota Sabang. Karena ada sebagian daerah yang tidak berkurban, kita antarkan ke desa yang tidak berkurban pada tahun ini,” ujar Ketua PHBI Sabang, H Baharuddin.

Sementara Ketua Majelis Adat Aceh Kota Sabang, H. Ramli Yusuf, mengatakan pelaksanaan kurban merupakan anjuran dalam Islam. Kewajiban ini dikenakan kepada setiap muslim yang mempunyai kemampuan.

“Sudah sangat merakyak soal qurban ini. Dan di Aceh ini telah ditanam, bahwa kurban ini merupakan kendaraan di yaumil mahsyar nanti. Yang ke dua pertumpahan darah itu dianggap penghapusan dosa dan pahalanya sebanyak bulu kurban,” kata Ramli.

Dia kemudian merujuk pada hadis Rasulullah SAW, “barang siapa yang mempunya kemudahan berkurban, namun tidak melakukannya, maka jangan pernah dekat dengan sajadahku ini. Berpegangan pada hadis tersebut, maka pelaksanaan qurban tersebut khususnya di Aceh telah menjadi kegiatan sakral setiap hari raya Idul Adha,” katanya[](bna)

Laporan: Radzie Sabang