Home News Rutan Lhoknga Tak Miliki Tahanan Anak yang Ikut UN SMA

Rutan Lhoknga Tak Miliki Tahanan Anak yang Ikut UN SMA

43
0

LHOKNGA – Rutan Lhoknga saat ini tidak memiliki tahanan anak tingkat SMA yang sedang mengikuti UN.

Rutan Lhoknga adalah rumah tahanan wanita dan anak yang berada di jalan Banda Aceh-Meulaboh, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar.

“Hanya 3 anak tingkat SMP yang berada di Rutan Lhoknga Aceh Besar. Mereka sudah putus sekolah dan tidak melanjutkan lagi. Dua diantaranya berumur 16 tahun dan satu berusia 17 tahun,” kata Muhammad Nasir, SH, Kasubsi Pelayanan Tahanan, Selasa 14 April 2015.

Katanya, tahanan anak ini tidak melanjutkan sekolah lagi memang kemauan sendiri.

Pihak Rutan sendiri, kata Muhammad Nasir, mengadakan asimilasi pendidikan. Asimilasi pendidikan adalah tahanan anak tetap sekolah diluar tanpa bayar yang dikawal oleh petugas Rutan.

“Namun itu tergantung pada orangtua atau wali si anak ingin melanjutkan pendidikannya atau tidak. Sementara yang tingkat SMA disini tidak ada,” katanya kepada portal satu.com pagi tadi.

Untuk melanjutkan pendidikan, katanya, anak yang berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) memang harus ada jaminan dari pihak keluarga karena anak terkait dengan hukum.

Nasir mengatakan tahun 2014 terdapat satu tahanan anak tingkat SMA bernama Maulizar Saputra yang mengikuti asimilasi pendidikan di SMA Al-Misbah. Ini merupakan keinginan individu sendiri dan orangtua untuk melanjutkan pendidikan.

“Tetapi tidak menutup kemungkinan semua anak di Lapas akan mengikuti asimilasi pendidikan, nanti tergantung kasus tahanan, bisa jadi dengan asimilasi pendidikan ia dapat berhubungan lagi dengan kawan-kawan sekelompoknya, meskipun dalam pengawasan,” ujarnya.

Untuk diketahui, cabang Rutan Lhoknga sekarang terdiri dari 61 tahanan wanita berasal dari Aceh serta warga Medan yang menetap di Aceh. 60 persen dari mereka adalah kasus narkoba berjenis sabu-sabu sementara jenis ganja hanya beberapa tahanan saja.

“Iya tahanan kebanyakan kasus sabu-sabu. Sekedar informasi Rutan Lhoknga memang lapas wanita dan anak yang disatukan. Namun setelah selesai Lapas di Sigli nanti akan direncanakan tahanan wanita dipindahkan kesana, sementara di Lhoknga hanya tahanan anak,” katanya. [] (mal)