Revisi RUU, Dituding Skenario Pelemahan KPK

BANDA ACEH – Aktivis anti korupsi yang tergabung dalam berbagai organisasi sipil di Aceh melakukan aksi menolak revisi tersebut di Simpang Lima Banda Aceh, Kamis 8 Oktober 2015.

Mereka menilai revisi UU KPK yang digagas oleh DPR RI akan melemahkan kinerja KPK. Hal itu terkait dengan menghilangkan peran sentral KPK dalam memberantas korupsi di Indonesia.

“Ya, ini kan semacam ada niat untuk melemahkan KPK, itu terjadi karena KPK sudah banyak sekali mengungkap kasus penyelewengan uang negara sehingga ada pihak yang ingin melenyapkan peran KPK,” kata Mahmudin selaku kepala sekolah anti korupsi Aceh kepada portalsatu.com di sela-sela aksi menolak revisi UU KPK di Simpang Lima Banda Aceh, 8 Oktober 2015.

Aksi tersebut digelar untuk menolak revisi UU tersebut karena dapat melemahkan peran KPK.

Salah satu revisi yang ditolak adalah membatasi umur KPK hingga 12 tahun dan tidak boleh menindak kasus korupsi di bawah 50 miliar.

“Itu kan aneh, kalau tidak boleh menindak kasus di bawah 50 miliar berarti para koruptor akan korupsi dibawah itu dan itu tidak bisa ditindak,” ucap Askhalani selaku ketua LSM GeraK Aceh.[] (mal)