Polres Lhokseumawe Masih Selidiki Kasus Dugaan Pelecehan Seksual Terhadap Wanita Rohingya

LHOKSUKON – Kepala Kepolisian Resort Kota Lhokseumawe, AKBP Anang Triarsono, melalui Kapolsek Kuta Makmur, Iptu Sarimin, mengatakan hingga kini kasus terkait dugaan pelecehan seksual yang dialami empat wanita Rohingya masih dalam tahap pemeriksaan saksi-saksi. Polisi juga telah membawa ke empat wanita tersebut ke Rumah Sakit Cut Meutia, Lhokseumawe, untuk menjalani visum.

“Awalnya kemarin hanya satu yang bisa dibawa ke RS Cut Mutia. Tiga lainnya siang tadi baru bisa kita bawa. Itupun hasil bujukan kita agar mereka mau menjalani proses visum untuk membuktikan dugaan tersebut,” ujar Iptu Sarimin Rabu, 30 September 2015, sekitar pukul 20.00 WIB kepada portalsatu.com.

Dia mengatakan untuk bukti-bukti lainnya polisi juga sudah memeriksa beberapa saksi. Namun, untuk sementara waktu pihaknya belum berhasil menemukan bukti yang mengarah kepada perlakuan pelecehan seksual kepada para pengungsi wanita Rohingya.

Hasil penyelidikan sementara diketahui sejumlah Rohingya kabur meninggalkan shelter Blang Adoe pada Senin, 28 September 2015 sekitar pukul 03.00 WIB. Aksi mereka diketahui oleh seorang pria warga setempat yang sedang melihat kebunnya di kawasan Kuta Makmur, dekat jalan line pipa.

Pria tersebut kemudian menggiring para pengungsi itu ke jalan dan menghubungi petugas jaga malam. Para pengungsi kemudian dijemput dengan mobil untuk dibawa kembali ke barak penampungan di Blang Adoe.

“Saat tiba di penampungan tiba-tiba sejumlah pengungsi Rohingya menyebutkan ada yang memperkosa pengungsi yang kabur tersebut, lalu mereka melaporkan kepada pihak penggelola shleter. Dengan raut kekesalan, puncaknya malam itu mereka menggembok pintu pagar dan mencoba mengusir petugas yang sedang berjaga pada saat itu,” kata Iptu Sarimin.

“Agar kita tidak menduga-duga, sebaiknya kita menunggu hasil visum yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Cut Mutia, Lhokseumawe, terkait adanya dugaan pelecehan seksual tersebut,” kata Iptu Sarimin.[] (bna)

Leave a Reply