Pengabdian Masyarakat Nasional FKH Unsyiah Berakhir

TAKENGON – Setelah melaksanakan Kegiatan selama 4 hari, pengabdian masyarakat Nasional tahun 2015 Fakultas Kedokteran Hewan Unsyiah berakhir, Minggu 6 September 2015.

Kegiatan yang dipusatkan di Kecamatan Jagong Jeget, Kabupaten Aceh Tengah tersebut, dimulai sejak 3 September lalu dan diikuti oleh 120 peserta yang terdiri dari 52 Dosen dan 68 mahasiswa, termasuk ada mahasiswa dari Universitas Airlangga Surabaya.

Penutupan kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan secara resmi oleh Kadis Perikanan dan Peternakan Aceh Tengah, drh. Rahmandi bersama dengan Dekan FKH Unsyiah Muhammad Hambal.

Sebelumnya Bupati Aceh Tengah, Ir. H. Nasaruddin, MM didampingi Ketua TP. PKK Aceh Tengah, Ny. Hj. Apini Nasaruddin bertemu langsung dengan mahasiswa dan para dosen.

Nasaruddin mengatakan sangat tepat memilih Kecamatan Jagong sebagai lokasi pengabdian masyarakat, karena selama ini warga setempat telah mengembangkan berbagai jenis sapi, mulai dari brahman, limousin, simental dan lainnya.

“Kegiatan mahasiswa ini sejalan dengan salah satu misi pemerintah daerah, khususnya untuk mengembangkan sektor pertanian dalam arti luas, seperti peternakan,” katanya.

Sementara Dekan FKH Unsyiah mengatakan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai bagian dari perwujudan tri darma perguruan tinggi.

Dekan mengharapkan kegiatan yang dilakukan pihaknya dapat bermanfaat bagi masyarakat, sehingga tidak menjadikan kampus hanya sebagai menara gading untuk meneliti dan belajar, namun sebaliknya harus bermanfaat bagi masyarakat.

Disamping itu, bagi mahasiswa juga seharusnya dapat memetik manfaat dan pengalaman sewaktu bergaul bersama masyarakat. Selama melaksanakan pengabdian masyarakat, mahasiswa melakukan kegiatan pelayanan kesehatan hewan, pengobatan dan vaksinasi, dan penyuluhan.