Home News Pemkab Abdya Serahkan Rumah Untuk Dhuafa

Pemkab Abdya Serahkan Rumah Untuk Dhuafa

47
0

BLANGPIDIE – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kembali menyerahkan 200 unit rumah sehat sederhana kepada masyarakat yang tidak memiliki tempat tinggal dalam rangka memberantas kemiskinan.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Abdya Yafrizal di Blangpidie, Sabtu mengatakan, program rumah sehat sederhana yang diberikan kepada masyarakat kaum dhuafa tersebut merupakan program Bupati Jufri Hasanuddin dalam rangka memberantaskan kemiskinan yang berkelanjutan.

Upaya Pemkab Abdya menyerang kemiskinan, lanjutnya, sudah dimulai sejak 2013 dengan membangun 115 unit rumah tipe 36 yang berlokasi di Kecamatan, Babahrot, Lembah Sabil dan Kecamatan Susoh.

Sedangkan penyerahan kali ini, sambung Yafrizal adalah rumah yang dibangun pada tahun 2014 oleh Dinas Pekerjaan Umum berjumlah 200 unit dengan tipe yang sama. Lokasi rumah itu berada di Kecamatan Manggeng, Tangan-Tangan, Setia, Jeumpa dan Kecamatan Kuala Batee.

“Setiap kecamatan mendapat 40 unit rumah, kita berikan kepada masyarakat kaum dhuafa yang tidak memiliki tanah rumah, tidak punya pekerjaan tetap dan tanggungan berat,” katanya.

Ia menambahkan, untuk menekan angka kemiskinan di wilayah itu, tahun 2015, Pemkab Abdya kembali mengalokasikan dana untuk pembangunan 135 unit rumah layak huni yang rencananya akan dipusatkan di Kecamatan Blangpidie dan Kecamatan Susoh.

“Kalau jumlah dana saya kurang tau, soalnya leading sektor pembangunannya dinas PU, kita cuma melakukan pendataan calon penerima mamfaat saja,” katanya.

Kepala Bidang Cipta Karya pada Dinas PU Abdya Ajrai ketika ditanya jumlah anggaran untuk pembangunan rumah, menyebutkan, pembangunan 115 unit rumah pada tahun 2013 menghabiskan dana sekitar Rp6,9 miliar sumber anggaran Otsus Kabupaten dan APBA.

Sedangkan tahun 2014, sambungnya, pembangunan 200 unit rumah dengan tipe 36 menghabiskan dana Otsus Kabupaten sekitar Rp15 miliar, dengan rincian Rp75 juta per satu unit rumah.

“Kalau untuk tahun ini masih dalam tahap proses perencanaan,” katanya.

Amatan di lapangan, acara penyerahan 200 unit rumah untuk kaum dhuafa itu dilakukan secara simbolis oleh Bupati Jufri Hasanuddin di Desa Persiapan Kuta Murni, Kecamatan Setia dihadiri Dandim 0110 Letkol Inf Suhartono, Kapolres AKBP Budi Sumekto, Sik, Asisten Setadakab, Kepala Dinas Badan dan Kantor, para camat dan ratusan masyarakat penerima mamfaat. | Sumber: antaraaceh.com