Home Headline Pemerintah Aceh Masih Lemah Dalam Evaluasi SKPA

Pemerintah Aceh Masih Lemah Dalam Evaluasi SKPA

64
0

LANGSA – Akademisi IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, Muhammad Dar, mengatakan adanya rapor merah SKPA merupakan bukti masih lemahnya sistem pemerintahaan Aceh dalam mengevaluasi kinerjanya.

“Ini merupakan satu bukti bahwa masih sangat lemahnya Gubernur dan Sekda Aceh dalam mengevaluasi kinerja semua jajaran SKPA provinsi Aceh,” ujarnya saat dikonfirmasi portalsatu.com di Langsa, Kamis, 17 September 2015.

Ia mengatakan Kepala SKPA perlu dievaluasi serius agar mereka mampu bekerja secara profesional dan berkompeten.

“Bagaiamana bisa akan memikirkan kesejahteraan masyarakat jika kinerja internal pemerintah saja masih belum maksimal,” katanya.

Dia mengatakan permasalahan ini bisa diantisipasi dengan adanya trias politika. Artinya, adanya pembagian kekuasaan dan wewenang yang jelas dengan memberdayakan tenaga-tenaga yang berkualitas di Pemerintahan Aceh.

“Seyogyanya dengan kondisi yang seperti ini, Gubernur ketika menunjuk pimpinan SKPA, coba dan lihat terlebih dahulu dengan masa waktu yang telah ditentukan, mampu atau tidak mereka bekerja. Jika sampai batas waktu yang telah ditentukan tidak memberikan hasil apapun, lebih baik mereka dimutasi,” ujar alumni Pasca Sarjana Sosial Politik Islam IAIN Medan itu.

“Jika memang tidak sanggup untuk mengkoordinir, maka serahkan saja kepada pihak lain karena saya yakin masih banyak yang berkompeten di Aceh ini untuk meduduki jabatan tersebut,” katanya.[](bna)