Partai NasDem tak Pungut Mahar dari Calon Kepala Daerah

BANDA ACEH – Ketua DPW Partai NasDem Aceh, Zaini Djalil, menegaskan dalam Pilkada 2017 mendatang partainya sama sekali tidak menggunakan mahar politik. Ia menyatakan para calon kepala daerah yang ingin maju dari NasDem tidak dipungut biaya sepeserpun.

“Tidak ada mahar, tidak ada transaksi dan tidak ada kutipan apapun untuk menjadi kepala daerah,” kata Zaini Djalil kepada portalsatu.com saat di temui di kantor DPW Partai NasDem Aceh, Jumat, 10 Juli 2015.

Zaini menyebut siapapun yang ingin maju sebagai calon kepala daerah dan wakil kepala daerah melalui Partai NasDem harus mampu mensosialisasikan diri sendiri. Kata dia, kalau merasa sudah layak dan hasil survei nantinya menyatakan yang bersangkutan pantas menjadi kepala daerah, maka partainya akan memberikan dukungan penuh tanpa ada mahar.

“Jadi biar terbuka ruang kepada para tokoh-tokoh dan elemen masyarakat yang ingin maju menjadi kepala daerah maupun wakil kepala daerah,” ujar Zaini.

Zaini manambahkan saat ini dirinya paham betul bahwa masih banyak tokoh masyarakat yang masih mempunyai nilai idealismenya. Kata dia, kadang kala ketika yang bersangkutan mau mencalonkan diri harus membayar dulu. Bukan karena tidak punya dana untuk bayar mahar, tapi alergi dengan yang namanya transaksi tersebut.

“Sehingga dia tidak mau menjadi calon, dan hal seperti ini akan merugikan daerah, karena potensinya bagus. Maka Partai NasDem mencoba memberikan ruang untuk yang seperti ini,” ujar Zaini.[]

Foto: Zaini Djalil, Ketua DPW Partai NasDem Aceh.