Home News Pakar Minta MoU Helsinki dan UUPA Masuk Kurikulum Pendidikan

Pakar Minta MoU Helsinki dan UUPA Masuk Kurikulum Pendidikan

60
0

BANDA ACEH – Direktur Pusat Analisis dan Kajian Advokasi Rakyat (Pakar) Aceh, Muhammad Khaidir, SH, meminta agar Memorandum of Understanding (MoU) Helsinki dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh masuk dalam kurikulum pendidikan.

“Ini merupakan langkah jitu untuk menyelamatkan generasi Aceh dari segala bentuk polemik politik untuk puluhan tahun ke depan,” katanya melalui siaran pers kepada portalsatu.com, Kamis, 20 Agustus 2015.

Dia mengatakan niat pemerintah dan DPR Aceh untuk memberikan pemahaman serta pencerdasaan, berkenaan dengan isi MoU Helsinki dan UUPA kepada generasi Aceh masih jauh dari harapan.

“Kita minta eksekutif dan legislatif Aceh untuk memasukkan UUPA dan MoU Helsinki ini ke dalam kurikulum pendidikan di Aceh, bisa melalui pelajaran muatan lokal Aceh,” ujarnya.

Dia mengatakan sangat penting bila generasi muda Aceh di masa mendatang mengingat hal ini. Apalagi menurutnya isi Mou Helsinki dan UUPA itu sekarang hanya diketahui oleh segelintir orang saja.

“Tetapi kalau kita masukkan dalam kurikulum pendidikan, generasi Aceh terus menyelamatkan Aceh hingga kapan pun dan kekhususan Aceh terus terjaga,” katanya.[](bna)