Nasaruddin: Expo Ternak untuk Bangkitkan Sektor Peternakan

TAKENGON – Bupati Aceh Tengah, Ir. H. Nasaruddin, MM menilai Expo Ternak sangat penting dan tepat terutama untuk membangkitkan semangat dan motivasi masyarakat yang bergerak di sektor peternakan.

Hal tersebut disampaikan Nasaruddin menyikapi masih besarnya ketergantungan nasional terhadap kebutuhan daging yang selama ini didatangkan atau diimpor dari luar negeri, khususnya Australia dan Selandia Baru.

“Sudah menjadi pengetahuan bersama bahwa secara nasional dari beberapa tahun lalu sudah mencanangkan Swasembada Daging,” ujar Nasaruddin, di sela pembukaan expo Ternak ke-6 Provinsi Aceh di Aceh Tengah, Jumat, 21 Agustus 2015, sebagaimana dikutip dalam siaran pers Humas Pemkab Aceh Tengah.

Namun, hingga tahun 2015 Indonesia belum bisa mencapai tingkat swasembada, kebutuhan daging masih diimpor dalam jumlah yang besar. Itu sebabnya, menurut Nasaruddin, melalui Expo Ternak seluruh pemangku kepentingan di sektor peternakan dapat bertemu, tidak hanya bersaing siapa yang terbaik, tapi juga saling bertukar informasi.

“Jika seluruh masyarakat khususnya di sektor peternakan memahami kondisi rill kebutuhan ternak, kemudian mengerti cara menangani dan mengelola ternak yang baik dan produktif, ini menjadi nilai tambah untuk mendukung swasembada daging,” kata Nasaruddin.

Expo ternak Aceh di Takengon berlangsung hingga 23 Agustus 2015, dan direncanakan ditutup oleh Gubernur Aceh, dr. Zaini Abdullah.[]

Leave a Reply