Home News Menlu Retno: Indonesia Rencana Buka Konsul Kehormatan di Ramallah

Menlu Retno: Indonesia Rencana Buka Konsul Kehormatan di Ramallah

102
0

JAKARTA – Menteri Luar Negeri Indonesia Retno L. P. Marsudi mengatakan sudah berbicara dengan Menlu Palestina mengenai rencana pembukaan Konsul Kehormatan di Ramallah. Dia juga mengatakan telah meminta kepada Menlu Palestina untuk mempercepat prosesnya.

“Sudah ada calonnya (Konsul Kehormatan) dan kita sudah minta persetujuan ke pihak Palestina,” ujar Menlu Retno dari New York, dikutip dari keterangan pers yang diterima merdeka.com, Jumat (2/10).

Menlu Retno mengatakan konsul kehormatan dipilih dari Palestina, dan merupakan seorang pengusaha. Namun dia belum mau mengungkapkan namanya.

Menlu wanita pertama Indonesia ini mengatakan konsul kehormatan ini merupakan langkah awal.

“Calonnya sudah ada dan menunggu mendapat persetujuan dari pihak Palestina. Seorang entrepreneur, dari Palestina. Namanya belum bisa saya berikan, nanti kita sampaikan jika sudah dapat persetujuan pemerintah Palestina,” lanjut dia.

Penunjukan konsul kehormatan tidak memerlukan proses persetujuan dari DPR. Biasanya orang setempat, kata Menlu Retno, lalu Duta Besar melakukan diskusi dengan calon Konsul Kehormatan.

“Lalu dubes memberikan rekomendasi kepada pusat. Konsul kehormatan tidak melakukan kegiatan diplomatik, namun lebih pada representasi dari suatu negara,” sambung Menlu Retno.

Menlu Retno mengatakan akhir tahun kemungkinan konsul kehormatan Palestina akan direalisasikan.

Konsul kehormatan sendiri bertugas untuk membantu warga negara Indonesia yang mendapatkan masalah serta memberikan masukan mengenai kerja sama ekonomi. Tak hanya itu, konsul kehormatan nantinya juga akan berkoordinasi dengan perwakilan di sana.[] sumber: merdeka.com