MaTA: Pembangunan Pipa Air di Lhoksukon Kesalahan Fatal Dinas Cipta Karya

LHOKSUKON – Koordinator Masyarakat Transparansi Anggaran (MaTA) Aceh, Alfian, menilai pembangunan pipa air yang dilakukan Dinas Cipta Karya di kawasan Desa Blang Aman, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara merupakan kesalahan fatal. Pasalnya, pada perencanaan awal pembangunan itu tidak dilakukan koordinasi dengan PDAM Tirta Mon Pase.

Menurutnya, pipa air yang dibangun dengan dana aspirasi itu belum diserahterimakan ke PDAM. Di lain pihak, PDAM menilai pembangunan pipa yang dilakukan Cipta Karya itu tidak memenuhi standar. Karena setelah dites banyak yang bocor.

“Seharusnya jika memang PU (Cipta Karya) memperuntukan pipa itu untuk PDAM, maka wajib dilakukan koordinasi saat perencanaan awal terdahulu. Di sini kita melihat kesalahan fatal ada di PU pada proses perencanaan awal,” kata Alfian kepada portalsatu.com, Jumat 31 Juli 2015.

Ia juga mengatakan, PDAM merupakan salah satu badan usaha milik daerah yang satu atap di bawah bupati, demikian juga dengan Cipta Karya. Seharusnya ini dikoordinasikan dari awal. Di lain pihak Bappeda juga tidak melakukan upaya koordinasi tersebut.

“Di sini kita melihat pembangunan itu memakai uang negara. Namun sekarang saat perbaikan malah hendak ikut dilakukan masyarakat. Kami melihat masyarakat yang dikorbankan. Kesannya pemerintah tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

Ditambahkan Alfian, jika menyangkut persoalan anggaran, Aceh Utara itu kan anggarannya besar, namun masyarakatnya miskin. “Seharusnya Bupati merasa malu saat masyarakat berinisiatif membantu membangun pipa tersebut. Karena itu merupakan kewajiban negara untuk difasilitasi,” ucapnya.

Dalam hal ini, bupati bisa saja meminta bantuan ke luar pemerintahan. Seperti halnya Lembaga NGO asing yang juga ada fasilitas air bersih, namun hal itu tidak pernah didiskusikan.

“Di sini yang terpenting air bersih merupakan kebutuhan utama masyarakat yang juga merupakan tanggung jawab negara. Artinya, untuk apa berbicara kesejahteraan jika rakyat bahkan tak punya air bersih,” tukas Alfian.[] (ihn)

Foto: ilustrasi instalasi pipa air @atjehdaily.com