Home News MaTA: DPRA Lebih Mementingkan Fasilitas Mewah

MaTA: DPRA Lebih Mementingkan Fasilitas Mewah

43
0
Koordinator MaTA, Alfian. Foto: Dok

BANDA ACEH – Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA) menilai DPRA periode ini masih sama seperti parlemen Aceh sebelumnya yang lebih mementingkan fasilitas mewah daripada produktivitas kinerja.

“Publik tidak bisa berharap banyak pada parlemen Aceh yang baru, sebab mereka masih seperti parlemen sebelumnya. Mementingkan fasilitas seperti mobil mewah yang membuat mereka akan semakin terlena,” kata Koordinator MaTA, Alfian kepada portalsatu.com, Senin sore, 23 Maret 2015.

Padahal, menurut Alfian, mobil dinas lama yang sedang digunakan pimpinan DPRA masih layak pakai. Itu sebabnya, MaTA menolak rencana pengadaan mobil untuk ketua dan tiga wakil ketua DPRA sumber dana APBA 2015 yang dinilai kebijakan tidak pro-rakyat. (Baca: Mobil Pimpinan DPRA Capai Rp51 Miliar).

MaTA juga menyorot rencana pengadaan 81 laptop untuk pimpinan dan anggota DPRA sumber dana APBA tahun ini. “Pengalaman sebelumnya di sejumlah DPRK di Aceh, ada anggota dewan yang tidak bisa mengoperasikan laptop. Kita khawatirkan kasus yang sama akan terjadi di DPRA, sehingga pengadaan laptop jelas sia-sia,” kata Alfian. (Baca: 81 Laptop untuk Pimpinan dan Anggota DPRA).

Alfian menambahkan, pengadaan mobil mewah dan laptop untuk pimpinan dan anggota DPRA merupakan bentuk pemborosan anggaran. MaTA menduga pos-pos anggaran terhadap DPRA untuk memuluskan kesepakatan anggaran dengan eksekutif.

“Ini terjadi tiap tahun, dan kebijakan ini tidak bisa ditolelir. Sebab kinerja yang diberikan kepada publik tidak sebanding dengan fasilitas mewah yang mereka nikmati. Seharusnya DPRA memprioritaskan anggaran berbasis kinerja, sebab persoalan di Aceh saat ini kemiskinan dan pengangguran masih cukup tinggi,” ujarnya.[] (bna)