Home News Masyarakat Matang Raya Bantu Pengungsi Myanmar

Masyarakat Matang Raya Bantu Pengungsi Myanmar

49
0

LHOKSUKON – Masyarakat Desa Matang Raya Barat, Kecamatan Baktya, Aceh Utara, dilaporkan sangat antusias melayani sekitar 70 warga Myanmar yang ditampung sementara di musalla desa itu, Minggu, 10 Mei 2015. Warga Rohingya itu dilaporkan lari dari Myanmar hingga terdampar di perairan Aceh Utara.

“Bantuan dari masyarakat langsung mengalir untuk saudara kita dari Myanmar yang terdampar ke daerah kita. Di antaranya, bantuan makanan, pakaian, dan kebutuhan lainnya,” ujar M. Nasir Taher, anggota DPRK Aceh Utara kepada portalsatu.com lewat telpon seluler tadi sekitar pukul 09.00 WIB.

M. Nasir Taher menyebut, masyarakat juga membawa sejumlah warga Myanmar yang dalam kondisi sakit ke Puskesmas Pembantu (Pustu) Matang Raya Barat. “Kebetulan lokasi musalla tempat penampungan sementara warga Myanmar itu dekat dengan Pustu,” kata Ketua Fraksi Partai Aceh itu.

Saat ini, kata M. Nasir Taher, semua warga Myanmar yang ditampung sementara di lokasi itu telah memakai pakaian yang disumbangkan masyarakat setempat. Masyarakat Matang Raya Barat dan gampong tetangga terus berdatangan ke lokasi itu untuk melihat warga Myanmar.

“Masyarakat kita menyambut mereka atas dasar kemanusian. Sekarang sedang disiapkan makanan dan kebutuhan lainnya sesuai kebutuhan untuk penanganan,” ujar M Nasir Taher akrab disapa Aburizal.

Informasi diperoleh M. Nasir Taher, pengungsi Myanmar itu lari dari negaranya lantaran situasi tengah kacau. “Mereka menyelamatkan diri sampai terdampar di daerah kita. Kita menyambutnya atas dasar kemanusian,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, ratusan warga Myanmar dilaporkan terdampar di perairan Aceh Utara, Minggu, 10 Mei 2015, pagi tadi. Sekitar 70 orang di antaranya saat ini ditampung di musalla samping rumah anggota DPRK Aceh Utara M. Nasir Taher di Desa Matang Raya Barat, Kecamatan Baktya. (Baca: Ratusan Warga Myanmar Terdampar di Aceh Utara).[]

Foto: Warga Myanmar ditampung sementara di musalla Desa Matang Raya Barat, Kecamatan Baktya, Aceh Utara. Foto dikirim M. Nasir Taher.