Mahasiswa Kedokteran Ajarkan Rohingya Hidup Sehat

LHOKSEUMAWE – Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara akan menggelar kegiatan sosial di Komplek Integrated Community Shelter (ICS) Blang Adoe, Kutamakmur, Aceh Utara besok, Sabtu, 5 September 2015.

Kegiatan ini merupakan bagian dari proses edukasi bagi para pengungsi Rohingya agar mereka semakin memahami pola hidup bersih dan sehat.

“Ini merupakan bagian dari program edukasi pengungsi tentang pelajaran hidup bersih dan sehat atau biasa disebut PHBS,” kata Media Relation Komite Nasional untuk Solidaritas Rohingya (KNSR) Zainal Bakri, Jumat, 4 September 2015.

Kegiatan ini, tambahnya, akan dilakukan mahasiswa kedokteran Unimal yang tergabung dalam CIMSA (Center for Indonesian Medical Student Activities).

Saat ini, sebut Zainal, masih perlu kerja keras para relawan yang selama ini menangani pengungsi Rohingya untuk memberi pendidikan hidup bersih dan sehat. “Secara umum ada perkembangan yang menggembirakan terkait pemahaman pengungsi untuk hidup bersih dan sehat. Namun kondisi tersebut belum sampai pada tahap seperti yang kita harapkan. Karena itu masih perlu sosialisasi dan edukasi yang lebih intens agar bisa lebih baik lagi,” katanya.

Salah satu hal yang masih harus diajarkan, katanya, menyangkut penggunaan fasilitas MCK. ”Mereka kurang peduli untuk menjaga agar kakus itu selalu bersih. Perlu waktu dan kesabaran bagi relawan, karena selama bertahun tahun di negeri asalnya mereka hidup tanpa bimbingan dan pengajaran tentang kesehatan dan kebersihan,” katanya.[] (ihn)

Foto : bocah Rohingya di shelter Blang Adoe turut merayakan HUT RI pada 17 Agustus 2015 lalu @portalsatu.com/ Datuk Haris Molana

Leave a Reply