Lepas JCH Kloter 4, Ini Pesan Ketua IPHI Aceh

BANDA ACEH – Sebanyak 391 jemaah calon haji (JCH) kelompok terbang/Kloter ke-4 asal Banda Aceh, Aceh Besar dan Bireuen, Minggu, 13 September 2015, dinihari nanti, pukul 01.45 WIB akan berangkat menunaikan ibadah haji.

Sulaiman Abda, Ketua IPHI Aceh, dalam sambutan pelepasan di Asrama Haji, Banda Aceh, Sabtu, 12 September 2015, pukul 17.00 WIB, mengajak JCH Aceh Kloter 4 untuk mensyukuri nikmat panggilan haji tahun  ini.

“Ini nikmat ibadah yang tidak bisa diukur dengan apapun, dan hanya haji mabrur semoga diperoleh oleh seluruh jemaah calon haji,” kata Sulaiman Abda.

Menurut Sulaiman Abda, dari lima juta rakyat Aceh, belum semua mendapat panggilan Allah untuk berhaji. Sampai saat ini jumlah daftar tunggu mencapai 70 ribu lebih. Tiap tahun hanya bisa memberangkatkan 3.000 lebih.

Ketua IPHI Aceh yang juga Wakil Ketua DPR Aceh itu mengajak seluruh JCH Aceh untuk memanfaatkan semua momentum ibadah haji dengan baik, khususnya saat berada di Arafah.

Menurut Sulaiman Abda, Arafah adalah padang pasir yang terletak sekitar 25 Km sebelah timur kota Mekah. Wukuf di Arafah menjadi reflika Padang Masyar. Hal ini, menurutnya, suatu tamsil bagaimana kelak manusia dikumpulkan di Padang Mahsyar dalam formasi antre menunggu giliran untuk dihisab oleh Allah SWT.

“Saya mengajak seluruh JCH Aceh untuk meningkatkan kesadaran beribadah melalui perjalanan haji,” ujarnya.

Dalam acara pelepasan JCH Aceh Kloter 4 turut hadir Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal, Kakanwil Kemenag Provinsi Aceh, Drs. H. M. Daud Fakeh dan Kepala Badan Dayah, Bustami Usman.[] (idg)

Foto Ketua IPHI Aceh Sulaiman Abda saat pelepasan JCH Kloter 4. @Risman A. Rachman

Leave a Reply