Home News Kisah Suami yang Ditinggal Istri ke Mars

Kisah Suami yang Ditinggal Istri ke Mars

68
0

SONIA van Meter memutuskan ikut berpartisipasi dalam proyek kontroversial, Mars One Mission. Padahal wanita itu memiliki keluarga bahagia, seorang suami dan dua orang anak.

Sebagai suami dari wanita yang akan menjadi kelompok pertama terbang ke Mars, Jason Standford mengaku telah mempersiapkan segalanya, termasuk perasaan dan hatinya. Dia mengaku mendukung keputusan sang istri meninggalkan bumi 11 tahun lagi, termasuk menerima kenyataan jika sang istri tidak memiliki peluang untuk kembali ke bumi.

Misi Mars One memang telah memilih beberapa orang yang masuk dalam kelompok pertama yang akan menghuni planet di luar bumi. Kelompok ini dijadwalkan terbang ke Mars pada 2026 dan kemungkinan tidak akan kembali ke bumi. Jika berhasil mencapai Mars, mereka akan menjadi manusia pertama yang berdiam di Mars.

“Yang menjadi pertimbangan saya untuk mendukungnya, istri saya akan menjadi bagian dari pengalaman besar manusia. Bahkan dia akan menjadi bagian dari perubahan. Tidak hanya perubahaan bagi saya tapi juga seluruh umat manusia. Jika misi ini sukses, membangun koloni yang berkelanjutan di planet lain akan mengubah sejarah manusia yang bisa melebarkan sayap ke luar planet lain,” ujar Stanford, seperti dikutip dari Mirror.co.uk, Selasa 4 Agustus 2015.

Misi Mars One berencana untuk menerbangkan manusia ke Mars secara bertahap, yakni empat orang setiap penerbangan setiap dua tahun. Misi ini dianggap sangat kontroversial mengingat para awaknya bukanlah astronaut.

Sonia merupakan satu dari 100 manusia yang dipilih Mars One. Jumlah itu diseleksi berdasarkan angka pendaftar yang diklaim berjumlah 200.000 orang. Mantan ilmuwan NASA, yang memutuskan keluar dari proyek ini pada Maret lalu, Dr. Joseph Roche, membantah jumlah itu dan mengatakan bahwa sebenarnya hanya ada 3.000 orang mendaftar.

Banyak hal yang menjadi perdebatan dari misi ini. Apalagi perjalanan selama 253 hari dari bumi ke Mars akan dipenuhi dengan paparan radiasi tinggi.[] sumber: viva.co.id