Home News Kemendagri Minta Pemerintah Aceh Meningkatkan Konsentrasi Pembangunan

Kemendagri Minta Pemerintah Aceh Meningkatkan Konsentrasi Pembangunan

50
0

BANDA ACEH – Kementerian Dalam Negeri meminta Pemerintah Aceh untuk terus meningkatkan konsentrasi serta korelasi antar perencanaan dan penganggaran. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Tarmizi A Karim dalam Musyarawah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Aceh 2016 di ruang sidang utama DPR Aceh, Kamis, 9 April 2015.

“Hal tersebut sangat penting dalam upaya mewujudkan pencapaian sarana dan prasarana yang menjadi harus wajib bagi skala Aceh dan urusan wajib bagi pelaksanaan keistimewaan Aceh,” katanya.

Dia juga meminta untuk penyelarasan pembangunan daerah agar memperhatikan dalam kategori pembangunan manusia, seperti peningkatan pelayanan publik, pendidikan, kesehatan, dan tersedianya rumah layak huni bagi masyarakat miskin.

Selain itu, daerah juga diminta memperhatikan pembangunan sektor unggulan seperti energi pangan, energi listrik, industri dan pariwisata. Selanjutnya pemerataan pembangunan antar wilayah seperti pemerataan pembangunan infrastruktur ke setiap pelosok desa juga penting untuk diperhatikan.

Pihaknya juga sangat mendukungg optimalisasi pemanfaatan gas sebagai sumber daya energi, penguatan infrastruktur energi, mengatasi kelangkaan energi, infrastruktur pariwisata dan infastruktur kedaulatan pangan.

“Tersedianya infrastruktur transportasi yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian,
menciptakan situasi dan kondisi keamanan, ketentraman dan ketertiban yang kondusif guna menghadirkan para investor juga diperlukan,” katanya.[](bna)