Kapolri Lantik Delapan Kapolda Baru

JAKARTA – Kapolri Jenderal Badrodin Haiti hari ini, Jumat 12 Juni 2015, akan melantik delapan Kapolda yang baru. Hal itu sesuai dengan Surat Telegram yang ditandatangani oleh Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan, yang bernomer ST/1242/2015 dan ST/1243/VI/2015 yang berisi pengumuman sejumlah perwira tinggi dan perwira menengah yang dirotasi jabatannya.

“Sumpah yang akan disaksikan oleh yang hadir dan Tuhan Yang Maha Kuasa. Apabila melanggar sumpah akan menjadi pertanggungjawaban,” kata Badrodin saat melantik.

Kapolda yang dilantik di antaranya, jabatan Kapolda Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya). Jabatan Kepala Polda Metro Jaya yang kini dijabat Inspektur Jenderal Polisi Unggung Cahyono diganti M. Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Dia sebelumnya menjabat Asisten Perencanaan dan Anggaran Kepala Polri sejak 16 Juli 2014. Sedangkan Unggung Cahyono dirotasi menjabat Asisten Operasi Kepala Polri.

Selain melantik Kapolda, Badrodin juga akan melantik sejumlah perwira tinggi lainnya. Misalnya saja, Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (AS SDM) Irjen Sabar Rahardjo yang menggantikan Irjen Haka Astana. Lalu, Asisten Operasional Kapolri (Asops) Irjen Unggung Cahyono menggantikan Irjen Arif Wachyunadi.

Kemudian, Asisten Perencanaan (Asrena) Irjen Arif Wachyunadi menggantikan Irjen Tito Karnavian, Kepala Divisi Hukum (Kadivkum) Polri Irjen Mochamad Irawan menggantikan Irjen Moechgiyarto dan Kepala Divisi Propam Polri Brigjen Raden Budi Winarso.

Berikut daftar Kapolda lainnya yang dilantik hari ini:

– Kepala Polda Jawa Barat. Posisi itu sebelumnya dijabat Inspektur Jenderal Polisi Mochamad Iriawan dan kini digantikan Inspektur Jenderal Polisi Moechgiyarto, yang sebelumnya menjabat Kepala Divisi Hukum Mabes Polri. Mochamad Iriawan dipindahkan menjabat Kepala Divisi Hukum Mabes Polri.

– Kepala Polda Kalimantan Selatan. Posisi itu sebelumnya dijabat Brigadir Jenderal Polisi Machfud Arifin dan kini digantikan Brigadir Jendral Agung Budi Maryato. Sedangkan jabatan baru Machfud sebagai Kepala Divisi Teknologi Informasi Mabes Polri.

– Kepala Polda Kalimantan Tengah. Posisi itu sebelumnya dijabat Brigadir Jenderal Polisi Bambang Hermanu dan digantikan oleh Brigjen Pol Frakhrizal, yang sebelumnya menjabat Karopamil Karowabprof Divpropam Polri. Bambang Hermanu dimutasi sebagai perwira tinggi Polri dalam rangka PD Wantannas.

– Kepala Kapolda Lampung. Posisi itu sebelumnya dijabat Brigadir Jenderal Polisi Heru Winarko dan digantikan Brigjen Pol Edward Syah Pernong, yang sebelumnya menjabat sebagai Karorenmin Mabes Polri. Heru Winarko dimutasi sebagai SSDM Polri guna penugasan di Kemepolhukam.

– Kepala Polda Maluku Utara. Posisi itu sebelumnya dijabat Brigadir Jenderal Polisi Sobri Efeendy Surya dan kini digantikan Brigadir Jenderal Polisi Imam Budi Supeno, yang sebelumnya menduduki jabatan sebagai Dirpolair Baharkam Polri.

-Kapolda Jambi, yang sebelumnya dijabat oleh Brigjen Pol Bambang Sudarisman diganti oleh Brigjen Luti Lubihanto.

– Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) sebelumnya dijabat oleh Brigadir Jenderal Polisi Srijono digantikan oleh Brigjen Umar Septono.[] sumber: viva.co.id

Leave a Reply