Home News Juanda Djamal: Politik di Aceh Cenderung Sikap Individu

Juanda Djamal: Politik di Aceh Cenderung Sikap Individu

54
0

BANDA ACEH –  Acehnese Civil Society Task Force (ACSTF) meminta agar dijalankan politik kelembagaan di Aceh.

“Sekarang ini kita lihat, sikap politik yang dijalankan di Aceh, lebih kepada sikap individu, bukan kelembagaan atau representatif partai masing-masing,” ujar Sekjend ACSTF, Juanda Djamal kepada portalsatu.com di Banda Aceh, 7 Mei 2015.

Dikatakannya, politik sekarang yang dijalankan di aceh, lebih kepada bergerak sendiri-sendiri dan cendrung budaya politik yang terbangun tidak punya arah.

“Sehingga apapun yang dilakukan oleh pemerintah Aceh tidak berdampak besar terhadap masyarakat, imbasnya pertumbuhan ekonomi rendah, kemiskinan meningkat,” ujar Juanda Djamal.

Menurutnya, efek dari politik individu-individu, pemimpin hampir tidak punya waktu untuk berfikir hal yang strategis untuk membangun Aceh.

Selain itu, ia juga mengatakan, apa yang dilakukan oleh Abdullah Saleh beberapa hari lalu menurutnya bukanlah kebijakan partai, tapi lebih kepada sikap individu.

“Dinamika politik Aceh hari ini tidak terinstitusikan, tapi lebih dipengaruhi oleh prilaku masing-masing politisi, baik untuk menampakkan eksistensinya, maupun menunjukkan power dia atau menunjukkan kemampuan ke publik. Ini bahaya terhadap masa depan Aceh,” ujarnya lagi. [] (mal)