Home News Jembatan Pulo Rungkom Belum Dibangun, Dewan: Pemerintah Tak Becus

Jembatan Pulo Rungkom Belum Dibangun, Dewan: Pemerintah Tak Becus

79
0

LHOKSEUMAWE – Kalangan anggota DPRK Aceh Utara menyatakan kekecewaannya terhadap pemerintah yang sampai saat ini belum membangun Jembatan Pulo Rungkong, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara.  Jembatan lintasan Jalan KKA itu ambruk akibat banjir pada 18 Desember 2014.

“Sudah delapan bulan, tapi pemerintah masih membiarkan jembatan itu dalam kondisi memprihatinkan. Hanya sekadar ditimbun dengan tanah, sejak pascabanjir sampai sekarang tidak dilakukan pembangunan sebagaimana mestinya,” ujar Sekretaris Komisi D (Bidang Pembangunan) DPRK Aceh Utara, Tengku Junaidi kepada portalsatu.com lewat telpon seluler, Rabu, 2 September 2015, malam.

Tengku Junaidi mengaku sudah berulangkali mengingatkan pemerintah agar segera membangun jembatan tersebut. Sebab, kata dia, pascabanjir banyak pengguna kendaraan terutama para tamu atau orang-orang yang baru pertama kali melintasi jalur tersebut mengalami kecelakaan.

jembatan putus 2

“Pengendara jatuh ke bagian kanan dan kiri jembatan rusak itu pada malam hari, bahkan beberapa kejadian sudah memakan korban jiwa. Masyarakat setempat sudah tidak tahu lagi harus mengadu kemana, karena pemerintah terkesan tidak becus,” kata anggota DPRK dari Partai Aceh ini.

Pernyataan sama disampaikan Fauzi alias Cempala, yang juga anggota DPRK Aceh Utara. Menurut Fauzi, saat ini tanah timbun jembatan itu semakin amblas lantaran sering dilintasi truk bermuatan galian C, termasuk “batu gajah”.

Informasi diperoleh Tengku Junaidi, Pemerintah Aceh telah mengalokasikan dana untuk pembangunan jembatan itu dalam APBA 2015. Itu sebabnya, kata dia, pihaknya tidak lagi mengalokasikan dana dari APBK Aceh Utara untuk jembatan Pulo Rungkom tersebut.

“Pertanyaannya, mengapa sampai sekarang Dinas Bina Marga Provinsi Aceh tidak membangun jembatan itu. Ironisnya lagi, saat kami tanyakan hal itu kepada Dinas Bina Marga Aceh Utara dengan enteng menjawab mereka tidak tahu karena tidak ada koordinasi dari provinsi. Jadi Dinas Bina Marga Aceh Utara dan provinsi sama-sama tidak becus. Ini sangat kita sesalkan,” ujar Tengku Junaidi. [] (mal)

Foto atas: Kondisi Jembatan Pulo Rungkom ambruk akibat banjir pada Desember 2014. Foto bawah: Kondisi jembatan saat ini. @Ist