Israel Serang Suriah, Empat Orang Tewas

DAMASKUS – Militer Israel menyatakan telah melakukan sebuah serangan udara pada wilayah Suriah dan menewaskan paling tidak empat orang yang sedang mengendarai sebuah kendaraan.

Sejumlah sumber Suriah mengatakan para korban adalah warga sipil.

Stasiun televisi pemerintah Suriah melaporkan pasukan Israel melakukan serangan pesawat tidak berawak di Suriah selatan, menewaskan lima warga sipil. Sementara seorang tentara tewas dan tujuh orang lainnya terluka karena serangan udara semalam.

Pesawat tersebut menargetkan “kendaraan sipil” di desa Kom lewat sebuah serangan yang terjadi di dekat pasar yang ramai.

Tetapi pihak Israel mengatakan mereka adalah milisi yang bertanggung jawab atas peluncuran roket ke arah Israel pada hari Kamis (20 Agustus).

Israel memandang gerakan Jihad Islamis melakukan serangan itu, tetapi juga menganggap pemerintah Suriah terlibat.

Militer Suriah menyatakan salah satu tentaranya tewas pada permulaan serangkaian serangan Israel yang dimulai hari Kamis malam.

Ini bukanlah pertama kalinya sejak perang Timur Tengah tahun 1973, sejumlah roket dari wilayah Suriah ditembakkan ke Israel.

Israel dan Suriah adalah musuh bebuyutan. Israel berusaha tidak berpihak dalam perang saudara Suriah antara pemerintahan Presiden Bashar Assad melawan sejumlah kelompok milisi, termasuk kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS.[] sumber: bbc.co.uk

Foto: Pasukan PBB sedang mengamati dataran tinggi Golan. @reuters/bbc.co.uk