Islam Paling Favorit di Kalangan Pemuda Tiongkok

TIONGKOK- Ironis. Sementara Muslim Uighur ditindas Pemerintah Tiongkok karena memeluk agama Islam, survei terbaru justru menemukan agama Islam memiliki pengikut terbesar dari kelompok anak muda di negara tersebut.

Menurut survei yang dilakukan Sekolah Tinggi Filsafat di Renmin University of China, Islam memiliki jumlah pengikut terbesar dari kalangan warga Tiongkok di bawah usia 30 tahun, melebihi agama Buddha dan Katolik di negara Asia tersebut.

“Islam cenderung memiliki demografis yang lebih muda,” kata Wei Dedong, profesor studi Buddhis di Sekolah Tinggi Filsafat di Renmin University of China, yang berpartisipasi dalam pengamatan itu, kepada Global Times, dikutip Dream dari laman OnIslam.net, Sabtu 11 Juli 2015.

Wei menambahkan sebagian besar pemeluk Islam (di Tiongkok) berasal dari kelompok etnis minoritas dan umumnya seorang Muslimah melahirkan beberapa anak.

“Anak-anaknya juga akan menjadi Muslim sementara sangat langka untuk menemukan orang dewasa berpindah ke Islam.”

Berdasarkan Survei Agama Tiongkok tahun 2015, Islam memiliki jumlah pengikut tertinggi dari kalangan anak muda. Sekira 22,4 persen dari mereka berusia di bawah 30 tahun.

Setelah Islam, Katolik mengikuti dengan 22 persen. Sementara itu, lebih dari setengah penduduk Tiongkok berusia di atas 60 tahun memeluk agama Buddha dan Taoisme.

Survei yang dirilis oleh National Survei Research Center (NSRC) di Renmin University of China itu dilakukan terhadap 4.382 orang di lokasi keagamaan di 31 wilayah yang dikumpulkan pada 2013 hingga 2015.

Beberapa bulan yang lalu, sebuah studi baru menemukan bahwa jumlah umat Islam diperkirakan akan melampaui orang Kristen sebanyak 1 persen setelah 2070.

Menurut penelitian tersebut, jumlah umat Islam akan hampir sama dengan umat Kristen pada pertengahan abad ini, dengan peningkatan 30 persen pemeluk Islam. | sumber: dream.co.id

Foto: South China Morning Post

Leave a Reply