Home News Irhamni Pingsan Usai Dicambuk Algojo

Irhamni Pingsan Usai Dicambuk Algojo

90
0

TAKENGON – Irhamni binti Syahrial, 30 tahun, warga Toweren Toa, Kecamatan Lut Tawar, Aceh Tengah, pingsan usai menjalani hukuman cambuk di halaman Gedung Olah Raga (gos) Takengon, Jumat, 11 September 2015. Terdakwa pingsan setelah terkena rotan dari algojo di punggungnya.

Irhamni terpaksa digotong oleh petugas dan langsung dievakuasi untuk mendapat perawatan medis.

Irhamni binti Syahrial dinyatakan terbukti melakukan mesum dengan Dimas bin Abdullah, 43 tahun, warga Peregen, Kecamatan Linge, Aceh Tengah pada 17 April 2015 sekitar pukul 12:30 WIB. Akibat perbuatannya, Irhamni dijerat dengan pasal 5 jo Pasal 22 Ayat 1 Qanun Provinsi Aceh Nomor 14 tahun 2003 tentang Khalwat.

Dia mendapat hukuman 9 kali cambuk di depan umum dan dipotong 5 kali cambuk karena telah menjalani masa kurungan selama 148 hari. Dengan pengurangan itu, maka pasangan tersebut hanya menjalani hukuman cambuk sebanyak 4 kali cambuk.

Pemotongan hukuman cambuk berlandaskan pada ketentuan Pasal 23 Ayat 2 Qanun Aceh Nomor 7 tahun 2013 tentang Hukuman Acara Jinayat yang menyatakan, untuk penahanan paling lama 30 hari maka dikurangi 1 kali hukuman cambuk.

Penyelenggaraan hukuman cambuk itu turut disaksikan oleh Bupati Aceh Tengah Ir. H. Nasaruddin, MM, dan unsur muspika, serta masyarakat. Hukuman cambuk itu juga disoraki oleh penonton yang memadati lokasi.[](bna)