IPPEMAS Harapkan Sabang Miliki Peneliti Sendiri

BANDA ACEH – Pengurus Besar Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Sabang (PB-IPPEMAS) berharap agar Sabang memiliki peneliti sendiri. Hal itu dikatakan Ketua Umum IPPELMAS, Putra Rizki Pratama, 8 September 2015.

Menurutnya, keberhasilan pemerintah Aceh dan Pemerintah Kota Sabang dalam meyakinkan Pemerintah Pusat khususnya pihak Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI ) Pusat untuk membangun stasiun penelitian LIPI di Aceh perlu diapresiasi oleh berbagai pihak.

“Ini menjadi prestasi tersendiri bagi provinsi Aceh, khususnya Sabang karena sebagai daerah paling ujung Indonesia mampu bersaing dengan daerah kandidat lainnya yaitu Tapanuli Tengah (Sumut), Bengkulu, pesisir Cilacap (Jawa Tengah), dan Pacitan (Jawa Timur),” ujar Putra.

Dikatakannya, terpilihnya Sabang sebagai lokasi pembangunan stasiun LIPI berdasarkan hasil survei tim dan disampaikan langsung oleh kepala LIPI Prof. Iskandar Zulkarnain dalam workshop Pembangunan Stasiun Penelitian Lapangan LIPI di Kawasan Barat Indonesia yang juga dihadiri oleh kepala Bappeda Aceh dan Walikota Sabang.

“Kita berharap pembangunan stasiun LIPI ini nantinya akan menjadikan Sabang secara khusus lebih maju dalam hal pengelolaan kelautan dan perikanan. Harapan kami kepada pemerintah Kota Sabang dengan pembangunan ini menjadi pemicu agar Sabang memiliki peneliti pribumi sendiri, jangan sampai nantinya Sabang hanya menjadi penyedia lahan dan penjaga lokasi saja,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, pemerintah Sabang harus mampu menjaring kader terbaiknya dan biayai mereka agar semakin memantapkan keilmuannya sehingga pasca pengerjaan pembangunan stasiun LIPI nantinya selesai, Sabang sudah memiliki aset peneliti sendiri yang siap mengisi kekurangan peneliti saat ini. [] (mal)

Foto: ilustrasi

Leave a Reply