Ini Tujuan Keberadaan Kaukus Pembangunan Berkelanjutan Aceh

BANDA ACEH – Kaukus Pembangunan Berkelanjutan Aceh merupakan sebuah wadah pertemuan berkala dari berbagai pemangku kepentingan dari berbagai sektor.

Hal tersebut dikatakan oleh Chairman kaukus, Teuku Irwan Djohan, pada acara Launching Kaukus Pembangunan Berkelanjutan Aceh di Hotel Hermes Palace, Senin malam, 15 Juni 2015.

“Bersama para parlemen Aceh periode 2014 – 2019, kaukus ini bertujuan untuk membahas isu-isu penting yang berkaitan dengan agenda pembangunan berkelanjutan di Aceh,” katanya.

Kaukus tersebut, kata Irwan Djohan, akan diselenggarakan setiap triwulan untuk membahas beberapa topik utama diantaranya isu pengelolaan sumber daya alam, ketahanan pangan dan pengelolan sumber daya kelautan dan maritim.

“Serta berbagai isu lain yang berkembang termasuk wacana untuk membangu skema reward bagi pelaksana pembangunan dan individu yang menunjukkan prestasi yang tinggi serya mengedepankan prinnsi pembangunan yng berkelanjutan,” ujarya.

Irwan Djohan berharap, pertemuan kaukus nantinya dapat menghasilkan pokok pikiran, analisa kebijakan, dan yang lainnya. “Yang selanjutnya akan membantu parlemen Aceh dalam melakukan fungsi-fungsi pengawasan pembangunan dan fungsi lainnya,” kata Chairmen kaukus tersebut.

Irwan Djohan menjelaskan, kalau tidak berhati-hati dengan pengelolaan sumber daya air, maka suatu saat nanti harus membatasi penggunaan air di Aceh.

“Bahkan disaat ini pun kita telah mengalamai permasalahan yang menyadarkan kita tentang semakin pentingnya upaya pembangunan yang mengedepankan prinsip berkelanjutan di Aceh,” ujarnya. [] (mal)