Home News Ini Para Narasumber Kajian Inspiratif Portal Satu

Ini Para Narasumber Kajian Inspiratif Portal Satu

68
0

BANDA ACEH – Kajian Inspiratif Portal Satu (KIPaS) perdana menghadirkan sejumlah narasumber dari instansi dan lembaga terkait. Di antaranya, Ketua Masyarakat Peduli Sejarah Aceh (Mapesa) Muhajir. Ia menjelaskan lembaga ini awalnya terbentuk di grup Facebook.

“Kenyataannya Aceh seperti negeri yang tidak memiliki sejarah, suatu hari kita memberanikan diri untuk membentuk sebuah organisasi yaitu Mapesa. Saat ini salah satu konsentrasi kami adalah penyelematan nisan (kuno). Nisan-nisan itu menjadi bukti sejarahAceh di masa lalu yang sekarang kondisinya terabaikan,” ujarnya dalam diskusi KIPaS di kantor portalsatu.com, Banda Aceh, Jumat, 8 Mei 2015.

Narasumber lainnya adalah arkeolog independen lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Dedi Satria. Dedi mengatakan awalnya ia bekerja dengan lembaga Balai Penyelamatan Cagar Budaya Provinsi Aceh. Belakangan ia memilih untuk bekerja sendiri dengan tujuan dan kepentingan personal.

“Tapi dengan kepentingan sendiri ini saya bisa memberikan informasi kepada banyak orang,” kata Dedi.

Berikutnya, narasumber yang dihadirkan adalah Kepala Bidang Pengembangan Permeseuman Sejarah dan Keperbukalaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, T. Zulkarnaini.

Ada pula Dr. Husaini Ibrahim, M.A., Arkeolog yang juga Ketua Pusat Penelitian Ilmu Sosial dan Budaya Universitas Syiah Kuala. Selain itu, anggota Komisi VI  Bidang Agama dan Budaya DPR Aceh Nurzahri.

Tema yang diangkat hari ini adalah “Penyelamatan Situs Cagar Budaya Aceh” . Diskusi KIPaS tersebut dipandu Redaktur Pelaksana portalsatu.com, Boy Nashruddin Agus.[]