Ini Nama Geuchik di Julok yang Dipaksa Sumbang untuk Kelompok Din Minimi

IDI RAYEUK- Asnawai, Geuchik Ujong Tunong, Kecamatan Julok, Aceh Timur, mengaku uang yang dikutipnya dari 11 geuchik lainnya untuk biaya pernikahan Zubir alias Rambo, anak buah dari Din Minimi.

“Selain untuk logistik kelompok DM, uang tersebut juga untuk biaya pernikahan si Rambo,” ujar  Asnawi saat diwawancarai portalsatu.com di ruang Kasat Reskrim Aceh Timur, sekitar pukul 14.00 wib, Selasa 22 September 2015.

Asnawi juga mengakui  selama aksinya ia tidak pernah berjumpa dengan Din mini, namun untuk  pengutipan uang tersebut merupakan instruksi  dari anak buahnya yaitu Bahar dan Zubir.

“Saya tidak pernah berjumpa dengan Din Minimi, tapi saya hanya disuruh oleh anak buahnya untuk mengutip uang dari geuchik lain, dan uang tersebut saya serahkan untuk Bahar dan Zubir alias Rambo,” katanya lagi.

Sementara itu Kapolres Aceh Timur, AKBP Hendri Budiman, dalam konfrsensi persnya menyebutkan pelaku merupakan tersangka sebagai mediator untuk kelompok bersenjata(DM) di Aceh Timur dengan kasus memeras beberapa geuchik dengan menggunakan senjata tajam.

“Terkait masalah ini tersangka tetap dalam proses kita untuk melakukan perkembangan lanjut terhadap mediator lainnya yang berperan  membantu logistik kelompok bersenjata di Aceh  Timur,” ujarnya.

“Saya mengimbau masyarakat untuk tidak berpengaruh dengan provokasi mengatas namakan  membantu kelompok bersenjata khususnya di Aceh Timur, dan jika ada yang melakukan pemerasan kita harap masyarakat untuk segera menginformasikannya,” kata Kapolres.

Berita Data  Nama 11  desa dan nama  geuchik yang diminta  uang  secara paksa oleh Geuchik Asnawi di wilayah Kecamatan Julok.

Pengakuan tersangka, keseluruhan uang tersebut diberikan untuk anak buah Din Minimi, Selasa 22 September 2015:

Gampong Paya Pasi, Geuchik Pon   : Rp300.000.

Alue Cek Doy, Geuchik Nurdin     : Rp300.000.

Tanjong, Geuchik Rasyid          : Rp200.000.

Blang Gleum, Geuchik Nek Yan     : Rp200.000.

Seumatang, Tgk Maha              : Rp200.000.

Gampong Baro, geuchik Sulaiman   : Rp200.000.

Lhok sentang, Sulaiman           : Rp200.000.

Ujong tunong, Asnawi             : Rp500.000.

Buket Makmu                            : Rp150.000

Tepin Tengoh, Tgk Danil          : Rp200.000.

Matang, Tgk Mahyuddin            : Rp. 200.000.

Jumlah keseleuruhannya           :Rp2.450.000.

Leave a Reply