Home News Indonesia Sudah Masuki Krisis, Ini Buktinya

Indonesia Sudah Masuki Krisis, Ini Buktinya

79
0

JAKARTA – Indonesia dinilai telah memasuki masa krisis. Hal ini mengacu pada faktor semakin anjloknya nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ke level Rp14.700 per USD.

Padahal, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan paket kebijakan ekonomi tahap I, namun kenyataannya masih belum membaiknya kondisi perekonomian dalam negeri.

Ketua Umum DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Beni Pramula menjelaskan, selain anjloknya Rupiah, ada beberapa indikasi yang menunjukkan bahwa negara Indonesia sedang mengalami krisis moneter. Hal itu terlihat dari defisit neraca pembayaran yang besar karena inflasi yang tidak terkontrol, hutang luar negeri yang semakin melambung, suku bunga tinggi dan kurs mata uang tidak seimbang.

“Tren pelemahan nilai tukar Rupiah dan saham merupakan respons pasar setelah mencermati kepemimpinan Jokowi-JK,” kata Beni saat ditemui di Puspiptek, Serpong, Tangerang, Banten, Sabtu malam.

Lebih lanjut, Beni menuturkan penyebab terjadinya krisis ekonomi tersebut karena kegagalan negara dalam merumuskan kebijakan ekonomi yang berdampak langsung ke masyarakat.

“Ini merupakan kegagalan negara dalam merumuskan kebijakan ekonomi makro yang tercermin dari kombinasi nilai tukar yang kaku. Dengan demikian berarti ada regulasi fiskal yang bocor, inflasi yang merupakan hasil dari apresiasi nilai tukar efektif riil, defisit neraca pembayaran dan pelarian modal yang lengah dari perhatian pemerintah,” tuturnya. | sumber: okezone.com