Home News Ibu-ibu di Desa Ini Gelar Arisan untuk Beli Hewan Kurban

Ibu-ibu di Desa Ini Gelar Arisan untuk Beli Hewan Kurban

58
0

JANTHO – Kaum ibu yang berada di Desa Lamnga, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, memiliki cara tersendiri agar bisa berkurban setiap tahunnya. Kaum ibu ini menggelar arisan perkelompok dan uangnya ditabung untuk membeli hewan kurban jelang Idul Adha.

“Tradisi ini kami bangun sejak beberapa tahun lalu. Dimana, kaum ibu yang ikut pengajian sepakat membentuk arisan dan mengumpulkan uang perhari untuk bisa berkurban,” kata Sukmawati, warga Desa Lamnga, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, kepada portalsatu.com, Rabu 23 September 2015.

Katanya, mereka membentuk kelompok yang berisi 7 anggota. Per anggota kemudian mengumpulkan uang sebesar Rp5 ribu perhari atau sekitar Rp200 ribu per bulannya.

“Uang ini kami berikan ke bendahara. Nanti jelang Idul Adha, kami mencari hewan kurban sama-sama dan dagingnya diberikan kepada yang membutuhkan,” ujarnya lagi.

Rupanya, kata Sukma, cara yang mereka tempuh ini kemudian menarik perhatian warga lainnya.

“Kini di Lamnga ada beberapa kelompok yang melakukan arisan serupa. Makanya tahun ini, hewan kurban di desa Lamnga banyak. Mudah-mudahan cara yang kami tempuh bisa di ikuti lebih banyak lagi oleh ibu-ibu lainnya di Aceh,” katanya. [] (mal)