Home News Humas Aceh: Warga Aceh ke Malaysia Bukan Kriminal

Humas Aceh: Warga Aceh ke Malaysia Bukan Kriminal

63
0

BANDA ACEH – Sebanyak 25 jenazah warga asal Aceh yang menjadi korban kapal karam di perairan Sabak Bernam, Malaysia, beberapa waktu lalu, sebagian besar sudah dipulangkan. Namun korban yang selamat dari musibah maut tersebut sekarang masih berada di Malaysia, Sabtu, 12 September 2015.

Kabag Humas Setda Aceh, Saifullah Abdul Gani, mengatakan  tim Pemerintah Aceh sudah melakukan advokasi dengan pejabat berwenang di Malaysia sejak Kamis, 10 September 2015. Tim meminta pengampunan supaya semua warga Aceh yang bermasalah di Malaysia segera dipulangkan.

“Kita berharap korban yang selamat tersebut tidak dihukum oleh pemerintah Malaysia karena telah melewati jalur yang salah,” kata Saifullah.

Saifullah mengatakan, kepastian warga asal Aceh tersebut akan dipulangkan tergantung dengan Pemerintah Malaysia menerima atau tidak permohonan dari Pemerintah Aceh.

“Saya yakin semua dari mereka yang ke Malaysia tidak melakukan tindak kriminal, melainkan untuk mencari rezeki. Kemungkinan mereka datangnya dengan jalur resmi yang benar, hanya saja waktu pulang melalui jalur yang salah,” ujarnya.

Ia mencontohkan, masa berlaku paspor mereka satu bulan. Namun ada di antara mereka yang tidak keluar dari Malaysia melebihi masa berlaku paspor, sehingga kemudian mengambil jalur ‘belakang’.[] (idg)

Foto evakuasi korban kapal karam di Malaysia.@thestar.com.my