Home News Hari Ini, DPRA Gelar RDPU Qanun Tata Cara Tuntutan Ganti Kerugian Aceh

Hari Ini, DPRA Gelar RDPU Qanun Tata Cara Tuntutan Ganti Kerugian Aceh

85
0

BANDA ACEH – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) bidang keuangan dan investasi akan menggelar rapat dengar pendapat umum Rancangan Qanun Aceh tentang Tata Cara Tuntutan Ganti Kerugian Aceh.

Menurut informasi yang diterima dari Media Center Humas DPRA, acara rapat dengar pendapat umum (RDPU) akan diselenggarakan di ruang serbaguna gedung sekretariat DPR Aceh Lantai 2, Rabu, 9 September 2015, pukul 09.30 WIB.

Rancangan Qanun Tata Cara Tuntutan Ganti Kerugian Aceh dibuat untuk mewujudkan akuntabilitas dan transparansi penyelenggaraan Pemerintahan Aceh.

Dalam Raqan tersebut juga disebutkan bahwa setiap kerugian daerah yang timbul sebagai akibat kelalaian yang dilakukan oleh Bendahara dan Pegawai bukan Bendahara atau Pejabat lain baik langsung atau tidak langsung merugikan keuangan Aceh, perlu dilakukan penyelesaian tuntutan kerugian kepada yang bersangkutan.

Selain itu, salah satu isi dalam raqan tersebut adalah setiap pejabat yang karena jabatannya mengetahui bahwa Aceh dirugikan atau terdapat sangkaan atau dugaan akan dirugikan karena sesuatu perbuatan melanggar hukum atau melalaikan kewajiban atau tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana mestinya sehingga mengakibatkan kerugian bagi Daerah wajib melaporkan kepada Gubernur paling lambat 7 (tujuh) hari kerja setelah diketahuinya kejadian.

Selain itu juga disebutkan penyelesaian tuntutan perbendaharaan dilaksanakan dengan cara upaya damai, tuntutan perbendaharaan biasa, tuntutan perbendaharaan khusus dan pencatatan. []