Home News Gubernur Didesak Segera Evaluasi SKPA

Gubernur Didesak Segera Evaluasi SKPA

92
0

BANDA ACEH- Koordinator Forum Anti-Korupsi dan Transparansi Anggaran (FAKTA), Indra P Keumala meminta Gubernur Aceh Zaini Abdullah yang baru selesai menunaikan ibadah haji dapat segera fokus membenahi tata kelola pembangunan Aceh.

Dia berpendapat, evaluasi dan pergantian terhadap sejumlah pejabat malas di satuan kerja pemerintah Aceh (SKPA) adalah langkah mendesak dilakukan saat ini.

“Gubernur harus kembali fokus berfikir untuk kesejahteraan rakyat. Apalagi berdasarkan statistik yang ada, kemiskinan di Aceh justeru semakin membengkak. Karenanya, pejabat SKPA yang berkinerja buruk harus segera dilengserkan,” ujarnya, Kamis 8 Oktober 2015.

Indra menjelaskan, berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) pada September kemarin angka kemiskinan di Aceh bertambah menjadi 851.000 orang.

Hal ini, lanjut dia, sekaligus sebagai bukti ketidakbecusan SKPA mengimplementasikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah 2012-2017, yakni penurunan angka kemiskinan mencapai 2 persen pertahunnya.

“Semua target yang direncanakan cuma sekedar omong kosong belaka. Gubernur seharusnya tanggap melihat persoalan ini dengan segera memanajemen ulang pengelolaan sektor yang memiliki peran sentral bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, seperti pertanian, perkebunan, perikanan, infrastruktur dan lain-lain,” katanya.

Terkait wacana mutasi yang rencananya akan dilakukan pasca kepulangan Gubernur dari tanah suci, mantan koordinator Aceh Parliament Watch ini menilai agenda tersebut harus dilakukan secara objektif agar mutasi yang dilakukan dapat menjadi salah satu solusi perbaikan kinerja SKPA.

“Jangan cuma mengandalkan pendapat atau usul dari bekingan semata. Sehingga mutasi yang dilakukan tidak cuma sekedar ajang menggonta-ganti pejabat saja seperti yang sering terjadi sebelumnya,” kata Indra P Keumala. [] (mal)