Home News FAKTA Beberkan Dugaan Korupsi di Sejumlah Mata Anggaran Pendidikan

FAKTA Beberkan Dugaan Korupsi di Sejumlah Mata Anggaran Pendidikan

62
0

BANDA ACEH – Koordinator Forum Anti-Korupsi dan Transparansi Anggaran (FAKTA), Indra P. Keumala, membeberkan sejumlah proyek pendidikan yang diduga berpotensi korupsi.

Indra juga mengatakan sejumlah proyek di Dinas Pendidikan hanya memberi peluang pada kerabat penguasa.

“Hal ini terjadi hampir di semua Kabupaten/ Kota di Aceh tak terkecuali untuk Kota Banda Aceh, Kota Subulussalam, dan Aceh Besar,” ujar Indra P. Keumala, melalui siaran persnya kepada portalsatu.com, Sabtu 2 Mai 2015.

FAKTA menyorot sejumlah kasus korupsi dana pendidikan lainnya. Salah satunya, seperti dugaan korupsi pengadaan buku Rp1,2 miliar pada Dinas Pendidikan Kota Subulussalam 2012 dan korupsi dana hibah pemerintah Aceh pada 2012 kepada 27 lembaga termasuk beberapa lembaga pendidikan di Aceh yang totalnya mencapai Rp2,76 triliun.

“Banyak kasus seperti sengaja diendapkan. Jajaran kejaksaan sebagai institusi yang menangani semua perkara korupsi tersebut juga tidak memberikan penjelasan,” ujarnya.

Selain itu, korupsi juga diduga kuat terjadi pada hibah pemerintah Aceh 2012 yang dikelola dinas pendidikan Aceh bagi SMK kedinasan di Aceh. SMK kedinasan ini, seperti SPP-SPMA Negeri Saree Rp2,5 miliar, SPP-SPMA Negeri Bireuen Rp1,5miliar, SPP-SPMA Negeri Rp1,5 miliar, SMTI Rp2 miliar, SUPM Ladong Rp2 miliar, dan UPTD Inkubator Peternakan Saree Rp1 miliar.

“Kasus tersebut membuktikan bahwa dana pendidikan, atau dana yang ditujukan untuk pengembangan pendidikan di Aceh rentan terjadinya praktik korupsi,” kata Indra.

Untuk itu, FAKTA mendesak agar gubernur dan para bupati/wali kota di Aceh agar segera mencermati kecenderung ini dan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap manajemen dan tata kelola pendidikan di Aceh.

“Hari pendidikan tahun ini mestinya dijadikan momentum tepat untuk mengevaluasi dan memperbaiki segala ketimpangan yang terjadi selama ini. Semua harus dihentikan,” kata Koordinator FAKTA. [] (mal)