Dukung Pemberantasan Narkoba, Dandim Bantu Pos Jaga Permanen di Ujong Pacu

LHOKSEUMAWE – Dandim 0103 Aceh Utara Letkol Inf Eka Oktavianus Wahyu Cahyono menjenguk korban ledakan bom rakitan yang masih dirawat di Rumah Sakit PT Arun, Senin, 10 Agustus 2015. Eka Oktavianus yang baru beberapa hari menjabat Dandim juga mengunjungi lokasi kejadian di Desa Ujong Pacu, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe.

Informasi diperoleh portalsatu.com, pagi tadi, Dandim Eka datang ke RS PT Arun di Batuphat, Muara Satu, Lhokseumawe untuk melihat langsung kondisi Sulaiman Thaib, 21 tahun, korban ledakan bom rakitan yang masih dirawat. Menurut pihak medis, kondisi Sulaiman Thaib yang merupakan warga Desa Ujong Pacu berangsur membaik.

Dari RS PT Arun, Dandim Eka didampingi Danramil dan Camat Muara Satu kemudian mengunjungi pos jaga di Desa Ujong Pacu, lokasi terjadinya ledakan bom rakitan tersebut. Dandim menyatakan pihaknya akan membantu pembangunan pos jaga permanen.

“Kita mendukung pemberantasan narkoba, dan kita akan bantu pembangunan pos jaga di Desa Ujong Pacu ini. Hari Rabu nanti, Babinsa Koramil Muara Satu akan bergotong royong membersihkan lokasi ini agar dapat dibangun pos jaga permanen untuk masyarakat, sedangkan penegakan hukum (terkait bom rakitan itu) ditangani pihak kepolisian,” ujar Dandim Eka kepada wartawan di lokasi itu.

Diberitakan sebelumnya, delapan warga luka-luka akibat serpihan bom rakitan yang meledak di pos jaga Desa Ujong Pacu, Sabtu, 8 Agustus 2015, malam. Satu di antaranya, Sulaiman Thaib, 21 tahun, harus  menjalani rawat inap di RS PT Arun, sedangkan lainnya setelah diobati beberapa jam kemudian dibolehkan pulang.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Anang Triarsono melalui Kabag Ops Kompol Isharyadi, Minggu, 9 Agustus 2015 mengatakan ledakan bom rakitan terjadi dua kali. Awalnya sekitar pukul 21.30 WIB, terdengar ledakan yang jaraknya 50 meter dari pos jaga milik masyarakat yang sedang melakukan penjagaan.

Kemudian, selang setengah jam kemudian letusan bom kembali terdengar dan tepatnya di bawah pos jaga tersebut.

“Kita sudah melakukan pengamanan, serta olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan juga berkoordinasi dengan tim Jibom Detasemen B Jeulikat, tak hanya itu, nantinya akan kita mintai juga keterangan dari korban letusan bom tersebut,” tambahnya.

Terkait pelaku, Isharyadi juga menjelaskan saat ini sudah ada warga yang dicurigai. Menurutnya, Desa Ujong Pacu saat ini sedang galak-galaknya memberantas narkoba. Namun, ada orang atau sekelompok orang yang terusik dengan kegiatan masyarakat desa sehingga melakukan aksi tersebut.

“Hasil penyelidikan awal di TKP ditemukan beberapa lempengan besi, bekas baterai, kabel, serta bekas timer. Bom ini jenisnya rakitan yang daya ledaknya radius 50 meter,” katanya. (Baca: Penjelasan Polisi Terkait Teror Bom di Ujong Pacu Lhokseumawe).[]

Foto: Dandim Aceh Utara Letkol Inf Eka Oktavianus Wahyu Cahyono (kanan) didampingi Danramil Muara Satu meninjau pos jaga di Desa Ujong Pacu, lokasi ledakan bom rakitan. @Ist

Leave a Reply